Elektabilitas Melejit, Gerindra Pertimbangkan Duet Sudaryono-Kaesang di Pilkada Jateng

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, peluang mempertimbangkan memasangkan  Ketua DPD Gerindra Sudaryono dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024 terbuka.

Hal itu merespons hasil sigi Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang mencatat elektabilitas Kaesang melejit untuk maju di Pilkada Jateng 2024.

"Ya mungkin-mungkin saja (duet Sudaryono-Kaesang)," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Dia mengatakan, Partai Gerindra akan mencari pasangan terbaik untuk diusung pada pilkada mendatang. Di sisi lain, kerja sama politik dengan partai lain juga terbuka.

Sebab, Partai Gerindra tak punya cukup kursi di DPRD Jateng untuk mengusung pasangan sendiri.

"Kami cari yg terbaik lah ya. Di Jawa Tengah kan kami juga enggak bisa nyalonin sendiri, harus dengan teman-teman," katanya.

Meski begitu, Partai Gerindra menunggu keputusan dari Kaesang. Apabila putra bungsu Presiden Joko Widodo itu berkenan maju di Pilkada Jateng 2024, maka partainya siap membahas bersama Koalisi Indonesia Maju.

"Kami menunggu saja, apakah, yang paling penting dan pertama adalah yang bersangkutan berkenan atau tidak. Kalau ada sinyal yamg cukup kuat misalnya yang bersangkutan berkenan, tentu kami akan bahas di internal partai kami dan di Koalisi Indonesia Maju," pungkas Habiburokhman.