1.389 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Demo di Patung Kuda, Kemenkominfo, dan Kemendag

ERA.id - Sebanyak 1.389 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan unjuk rasa buruh dan elemen masyarakat lainnya di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, gedung Kemenkominfo, dan kantor Kemendag, Jakarta Pusat (Jakpus), Rabu (3/7/2024).

"Dalam rangka pengamanan aksi unjuk rasa kami melibatkan 1.389 personel, untuk di tempatkan di beberapa titik," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Rabu (3/7/2024).

Mantan Kapolres Bogor Kota ini menjelaskan rekayasa lalu lintas bersifat situasional atau melihat kondisi di lapangan. Jika ekskalasi massa meningkatkan di sekitar Patung Kuda, Kemenkominfo, dan Kemendag, maka arus lalu lintas akan dialihkan.

Masyarakat pun diimbau untuk tidak melewati Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus, dan mencari jalan alternatif lainnya karena ada aksi penyampaian pendapat di Patung Kuda.

Untuk peserta aksi juga diminta untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya dan tertib dalam menyampaikan pendapatnya di muka umum.

Perwira menengah Polri ini mengatakan seluruh personel yang melakukan pengamanan harus selalu persuasif, humanis, tidak terprovokasi, dan mengedepankan negoisasi.

"Tidak ada (personel) yang membawa senjata api. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan tulus, ikhlas, dan humanis," ucap Susatyo.