Rishi Sunak Ajukan Surat Pengunduran Diri Usai Kalah Telak dari Keir Starmer: Saya Minta Maaf

ERA.id - Rishi Sunak mengakui kekalahannya dalam pemilihan umum dari Kier Starmer. Rishi langsung mengajukan surat pengunduran diri kepada Raja Charles III.

Perdana Menteri Inggris itu kalah telak dari Partai Buruh setelah 14 tahun mendominasi pemerintahan. Sunak disebut langsung mengajukan surat pengunduran dirinya kepada kepala negar Raja Charles III.

"Hari ini kekuasaan akan berpindah tangan secara damai dan tertib, dengan itikad baik dari semua pihak," kata Sunak, dikutip AFP, Jumat (5/7/2024).

Sunak mengatakan ada banyak hal yang harus dipelajari setelah menelan kekalahan telak dari Kier Starmer. Dia lantas meminta maaf kepada para pendukungnya karena gagal mempertahankan posisinya.

"Ada banyak hal yang harus dipelajari dan direnungkan dan saya bertanggung jawab atas kekalahan banyak kandidat Konservatif yang bekerja keras. Saya minta maaf," ujarnya.

Setelah mengajukan surat pengunduran diri kepada Raja Charles III, kepala negara itu meminta Kier Starmer membentuk pemerintahan.

"Apa yang sangat jelas bagi saya malam ini bukan Partai Buruh yang menang, melainkan Partai Konservatif yang kalah," pungkasnya.

Partai Buruh melewati ambang batas 326 kursi untuk menjadi mayoritas pekerja di parlemen yang memiliki 650 kursi. Diperkirakan akan menang telak dengan 410 kursi.