Singgung Era Regenerasi di Pilgub Sumut 2024, PDIP Tutup Peluang Usung Bobby Nasution?

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan, partainya masih menggodok nama-nama untuk diusung pada Pilgub Sumatera Utara (Sumut) 2024. Dia pun menyinggung soal era regenerasi.

Hal itu menjawab peluang PDIP mengikuti jejak sejumlah partai politik untuk mengusung menantu Presiden Joko Widodo yaitu Bobby Nasution pada Pilgub Sumut 2024.

"Semua masih dalam proses penggodokan di internal. Berilah kami kesempatan," kata Said kepada wartawan, dikutip Selasa (9/7/2024).

Dia mengatakan, PDIP sangat berhati-hati memilih bakal calon kepala daerah untuk diusung pada pilkada mendatang. Partai berlambang banteng itu enggan terbawa arus opini publik.

Sebab, Pilkada 2024 dinilai sangat strategis. Termasuk membahas Pilgub Sumut.

"Pilkada 2024 sangat strategis bagi PDIP menyongsong era regenerasi pasti ya. Sehingga PDIP akan lebih hati-hati untuk mengusung calon dan tidak akan ikut langgam kawan-kawan wartawan kalau nanya, selalu yang ditanya bukannya calonnya PDIP, calonnya orang lain yang ditanya," ucap Said.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dalam waktu dekat PDIP bakal mengumumkan sejumlah rekomendasi pengusungan sejumlah calon kepala daerah.

Dia membocorkan, rekomendasi untuk sejumlah daerah, termasuk Sumatera Utara, akan disampaikan secara serentak.

"PDIP insyaallah dalam waktu dekat kami akan mengumumkan beberapa calon gubernur, baik Sumut, daerah Sumatera kira-kira ya, sama NTT," kata Said.

Tercatat, enam partai politik menyatakan dukungan dan resmi mengusung Bobby Nasution sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Sumut 2024. Di antaranya yaitu Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, NasDem, dan PKB.

Selain Bobby, nama eks Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi juga digadang-gadang bakal kembali maju di Pilgub Sumut mendatang.