Mengenal Teknologi Robot untuk Operasi Implan Lutut

ERA.id - Implan lutut dilakukan ketika kamu perlu menjalani operasi lutut baik itu sebagian maupun seluruhnya. Kondisi ini biasanya dialami oleh para pengidap radang sendi yang sudah parah, sehingga pengobatan lain tidak memberikan perbaikan yang berarti.

Maka dari itu, Rumah Sakit Medistra memperkenalkan 'Velys Robotic - Assisted Solution for Knee Replacement', yang merupakan robot terbaru, tercanggih dan pertama di Indonesia dalam membantu proses operasi implan lutut. 

Dr. Kiki Novito, SpOT - Spesialis Orthopedi & Traumatologi Rumah Sakit Medistra membeberkan manfaat 'Velys Robotic - Assisted Solution for Knee Replacement'. 

Ia mengatakan robot membantu ahli bedah mengumpulkan data penting mengenai struktur lutut pasien, memastikan tingkat presisi yang tinggi.

Selain itu, robot ini memiliki kamera inframerah dan pelacak optik yang paling mutakhir saat ini. Robot ini juga membantu ahli bedah dalam memperbaiki tulang lutut yang rusak secara akurat untuk pemasangan implan lutut. 

"Untuk pasien bisa didapat tentunya dengan dengan teknologi ini. Pasien jadi tidak nyeri seperti saya bilang itu. Pasien lebih merasakan lutut (implan) lebih mendekati aslinya," ujar Kiki Novito, saat ditemui Jl. Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (9/6/2024). 

"Kita tahu bahwa apapun yang dibuat manusia tidak akan sama dengan buatan Tuhan. Tetapi dengan bantuan teknologi lebih presisi. Pasien itu mendapatkan hasil yang lebih mendekati dengan sendi aslinya. Pasien bisa aktivitas dan pulang dari rumah sakit lebih cepat," lanjutnya. 

Selain itu, Velys Robotic - Assisted Solution for Knee Replacement juga tidak memerlukan CT Scan saat operasi yang dapat menghemat waktu dan biaya. Selain itu, pasien akan mengalami nyeri lebih sedikit. Sebab, Velys Robotic - Assisted Solution for Knee Replacement meminimalkan kerusakan, mengurangi komplikasi, dan mengurangi cedera jaringan sekitarnya. 

"Alat ini dapat membantu kami untuk membuat suatu potongan yang presisi. Kita tahu persis pasien ini butuh berapa centimeter yang dipotong (lututnya). Berapa ruang yang bisa terbentuk atau bagaimana menaruh letak (implan)," katanya. 

Tujuan operasi penggantian lutut, yaitu mengganti dan memperbaiki sendi lutut yang sudah rusak dengan menghilangkan bagian tulang dan tulang rawan yang rusak, serta mengganti sendi lutut dengan implan baru. 

"Ini adalah suatu investasi juga, bagaimanapun pengadaan alat ini. Tetapi bagaimana alat ini bisa dirasakan oleh seluruh kalangan." tambahnya.

Penggunaan robot ini dalam operasi implan lutut diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pasien.

Pasca operasi, pasien dapat menikmati hasil yang nyaman dan alami, sementara proses operasi menjadi lebih dinamis dengan memungkinkan pasien lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum menjalani prosedur operasi.