6 Manfaat Pare yang Jarang Diketahui, Bantu Melawan Kanker hingga Kontrol Gula Darah

ERA.id - Pare seringkali dijumpai sebagai lalapan dalam masakan Sunda. Walau rasanya pahit, namun pare mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan.

Nutrisi yang terkandung dalam buah pare menjadikan bahan makanan ini kaya akan khasiat. Berikut 6 khasiat pare untuk kesehatan, seperti dilansir dari laman Healthline.

1. Mengandung banyak nutrisi penting

Pare mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin A, vitamin C, asam folat, kalium, natrium, zinc, dan zat besi. Dari kandungan zat gizinya, pare menjadi makanan yang sehat bergizi.

Selain itu, kandungan mikronutrien bisa mencegah berbagai penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka. Pare juga kaya akan vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak dan meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan yang baik. 

Pare juga terdapat kandungan folat, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta sejumlah kecil potasium, seng, dan zat besi. Pare juga merupakan sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang baik, senyawa antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, pare juga rendah kalori namun tinggi serat. Pare memenuhi sekitar 8% kebutuhan serat harian dalam satu porsi (94 gram)

2. Dapat membantu menurunkan gula darah

Berkat khasiat obatnya yang manjur, pare telah lama digunakan oleh masyarakat adat di seluruh dunia untuk membantu mengobati kondisi terkait diabetes. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian mengkonfirmasi peran buah ini dalam pengendalian gula darah.

Sebuah penelitian kepada orang dewasa penderita diabetes menunjukkan mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c, sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kontrol gula darah selama tiga bulan.

Studi lain pada 40 penderita diabetes menemukan bahwa mengonsumsi pare 2.000 mg per hari selama 4 minggu menyebabkan sedikit penurunan kadar gula darah. Terlebih lagi, pare secara signifikan menurunkan kadar fruktosamin, penanda pengendalian gula darah dalam jangka panjang.

Pare dianggap meningkatkan cara gula digunakan dalam jaringan dan meningkatkan sekresi insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah.  

3. Melawan kanker

Penelitian menunjukkan pare mengandung senyawa tertentu dengan sifat melawan kanker. Pare efektif membunuh sel kanker di lambung, usus besar, paru-paru, dan nasofaring. Penelitian lain menunjukkan pare dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara sekaligus mendorong kematian sel kanker. 

4. Bisa menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri, memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian  menemukan pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Sebuah penelitian pada manusia menemukan bahwa pemberian ekstrak pare yang larut dalam air menyebabkan penurunan kadar LDL atau kolesterol jahat secara signifikan, dibandingkan dengan plasebo. 

5. Meningkatkan asupan serat

Pare bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan, karena rendah kalori namun tinggi serat. Ini mengandung sekitar 2 gram serat dalam setiap porsi 100 gram. Serat melewati saluran pencernaan dengan sangat lambat, membantumu kenyang lebih lama, mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. 

Pare juga memiliki sifat pencahar, yang dapat membantu melancarkan pencernaan jika mengalami sembelit. Oleh karena itu, mengganti bahan-bahan berkalori tinggi dengan pare dapat membantu meningkatkan asupan serat dan mengurangi kalori untuk mendorong penurunan berat badan. 

6. Disantap jadi makanan dan minuman nikmat

Pare memiliki rasa tajam yang cocok digunakan di banyak hidangan. Untuk menyiapkannya, mulailah dengan mencuci buah dan memotongnya memanjang. Kemudian gunakan perkakas untuk mengambil biji dari bagian tengahnya, dan potong buah menjadi irisan tipis.

Pare bisa dinikmati mentah atau dimasak dengan berbagai resep. Bahkan, bisa digoreng, dikukus, dipanggang, atau bahkan dilubangi dan diisi dengan isian pilihan. Berikut beberapa cara menarik untuk dijadikan santapan:

- Jus pare bersama dengan beberapa buah dan sayuran lainnya untuk minuman kaya nutrisi.

- Campurkan pare ke dalam tumisan  untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

- Tumis pare bersama tomat, bawang putih, dan bawang bombay, lalu tambahkan telur orak-arik.

- Gabungkan pare tanpa biji dengan saus dan hiasan pilihan untuk salad yang gurih. Isi dengan daging giling dan sayuran, lalu sajikan dengan saus kacang.