Momen Pilu Dua Perempuan Tewas Tenggelam di Air Terjun Jami Maros Sulsel

ERA.id - Viral momen dua remaja perempuan tewas tenggelam di Air Terjun Jami di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulsel, Jumat, 12 Juli 2024 silam, sekitar pukul 13.00 Wita.

Sebelumnya, kedua korban bersama rekan-rekannya berenang sambil tertawa, tapi nahas, setelah itu, dalam video yang dilihat ERA, dua korban tiba-tiba masuk ke daerah yang dalam.

Rekan-rekannya saat itu sudah berusaha menolong, tapi tak mampu. Akhirnya sang kawan, dua perempuan tersebut, lenyap dari pandangan dan dipastikan tenggelam.

Informasi tersebut disampaikan Hamka dari BPBD Kabupaten Maros sekitar pukul 16.10 Wita. Usai menerima laporan, sebanyak tujuh personel dari Kantor Basarnas Makassar diturunkan ke lokasi kejadian dan bergabung dengan tim BPBD Maros, Damkar Maros, Damkar Makassar, dan sebagian organisasi kemanusiaan lainnya.

Tak lama setelah itu, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan dua jenazah setelah dilakukan proses pencarian oleh penyelam.

"Penyelaman dilakukan di sisi kanan pada kedalaman lima meter di air terjun tersebut," ujar Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar Andi Sultan di Makassar, Sabtu silam.

Korban pertama ditemukan atas nama Salsabila usia 17 tahun. Disusul korban kedua atas nama Wulan usia 17 tahun. Keduanya dinyatakan tewas usai ditemukan tim SAR gabungan.

Usai penemuan jasad kedua korban tersebut, tim langsung mengevakuasi dengan menggunakan kantong jenazah, selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Maros dan diserahkan ke pihak keluarga di rumah duka masing-masing untuk dilakukan pemakaman.

Sultan menghimbau kepada masyarakat, khususnya di wilayah Maros untuk berhati-hati saat melakukan wisata di lokasi permandian, termasuk air terjun.

"Jika ingin berwisata di kawasan air terjun ataupun pemandian, usahakan untuk membawa pelampung, karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi air bah secara tiba-tiba, karena ini adalah alam bebas," ujarnya.