Jajal Bisnis Kuliner Jepang, Kiat Menjadikan Ramen Jadi Makanan Merakyat

ERA.id - Sajian mie berkuah khas Jepang, ramen, telah menjadi menu yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Popularitasnya turut ditandai dengan hadirnya banyak gerai dan restoran ramen di berbagai tempat, termasuk brand ramen terbaru.

Ditemui dalam acara opening gerai Ramen Yuk! di Tangerang, COO Yay! Group, Wilson Tjandra menyebut beberapa strategi yang tepat dilakukan agar ramen mudah diterima masyarakat Indonesia.

"Pertama, kami memposisikan diri sebagai brand ramen yang mudah dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. Mengusung tagline “Ramen Rakyat Indonesia”, kami menjadi pionir ramen paling terjangkau di kelasnya. Menu-menu mulai dari Rp9.000,-. Hal ini dilakukan agar ramen menjadi menu yang dapat diakses dan dinikmati oleh setiap kalangan," ungkap Wilson Tjandra.

Wilson Tjandra menemabahkan, ramen adalah sajian khas Jepang yang telah dikenal luas dan familiar di tengah masyarakat Indonesia. Namun harga ramen yang umumnya ada, menjadikannya terbatas di beberapa kalangan tertentu saja.

Suasana restauran ramen (Dok. Ramen Yuk!)

"Hal inilah yang coba kami definisikan ulang. Melalui semangat menghadirkan ramen sebagai sebuah sajian berkualitas yang mudah dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat," ucapnya.

"Kedua, penyesuaian pada cita rasa agar mudah diterima di lidah masyarakat Indonesia. Ramen yang pada asalnya biasa disajikan dengan kuah kaldu bertekstur kental dengan rasa gurih, hadir dengan tambahan rasa pedas yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Seluruh menu ramen tersaji dengan opsi level pedas yang dapat ditentukan sendiri, mulai dari level 0-level 5. Seperti pada tiga menu unggulan," katanya.

Ketiga, penting untuk mengantongi sertifikasi halal agar setiap sajian menu makanan hingga minumannya. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada pelanggan, terutama di negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Dengan sertifikasi halal maka itu memastikan bahwa semua produk yang disajikan memenuhi standar kehalalan, memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan.

"Selanjutnya, kami turut memperhatikan keseluruhan pengalaman pelanggan saat bersantap di gerai Ramen Yuk!. Seluruh gerai Ramen Yuk! dirancang di area yang luas, dengan interior menarik dilengkapi elemen warna yang terang, menjadikan suasana dan ambiance sekitar yang nyaman dan menyenangkan," imbuhnya.