Gerindra Klaim Makin Lengket Dengan Golkar untuk Pilgub Jakarta dan Jabar, Usung Siapa?

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menepis isu partainya dan Partai Golkar bakal pisah jalan di Pilgub Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) 2024. Dia mengklaim, hubungan kedua partai justru semakin lengket.

Menurutnya, antara Gerindra dan Partai Golkar nyaris mencapai kesepakatan soal siapa tokoh yang akan diusung di Pilgub Jakarta dan Pilgub Jabar 2024.

"(Gerindra-Golkar) makin lengket. Hampir saja (ada kesepakatan)," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip Selasa (23/7/2024).

Terkait siapa yang bakal dimajukan sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jakarta maupun Pilgub Jabar, Muzani enggan membocorkan.

Meski begitu, tokoh yang akan diusung nantinya akan mengejutkan publik.

"Pokoknya nanti mengejutkan ... Dua-duanya (Pilgun Jakarta dan Jabar) nanti akan mengejutkan," kata Muzani.

Disinggung soal apa yang menjadi kendala antara Gerindra dan Golkar hingga tak kunjung mendeklarasikan kerja sama politik, menurutnya hanya masalah waktu saja.

Wakil ketua MPR RI itu mengatakan, tokoh yang akan diusung di Pilgub Jateng maupun Pilgub Jabar akan diumumkan setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sekitar pertengahan Agustus mendatang.

"Apa yang belum (sepakat anatara Gerindra dan Golkar)? Waktu yang baik untuk diumumkan," kata Muzani.

"Iya (diumumkan Agustus). Bisa last minute, bisa sebelum 17an," imbuhnya.

Dia menambahkan, pengumuman siapa yang akan diusung akan disampaikan Partai Gerindra dan Golkar bersama-sama. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa kedua partai sepakat tetap bersama menjalin kerja sama politik.

"Kemungkinannya bersamaan. Pokoknya bersatu kita," tegas Muzani.

Sebagai informasi, Partai Gerindra menginginkan Ridwan Kamil dimajukan sebagai bakal calon gubernur untuk Pilgub Jakarta. Sedangkan untuk Pilgub Jabar, Partai Gerindra mendorong kadernya yaitu Deddi Mulyadi.

Sementara Partai Golkar condong merekomendasikan Ridwan Kamil, yang notabene kader partai pohon beringin, di Pilgub Jabar. Belakangan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menugaskan Jusuf Hamka alias Babah Alun untuk maju di Pilgub Jakarta.