Motivasi Sudirman Said Ikut Tes Capim KPK: Prioritas Kembalikan Reputasi KPK

ERA.id - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkap motivasinya mendaftar dan ikut tes calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia mengaku ingin mengembalikan reputasi lembaga antirasuah.

Hal disampaikan usai menjalani tes tulis capim KPK di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kemensetneg, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024).

"Kalau saya prioritas sekarang adalah mengembalikan reputasi KPK," kata Sudirman.

Dia menilai, pimpinan KPK mendatang memiliki tugas utama yaitu konfigurasi internal dan menampilkan diri sebagai keteladanan.

"Karena hanya dengan itu kepercayaan publik akan terbangun dan KPK bisa dipercaya, tidak hanya oleh masyarakat tetapi oleh lembaga penegakan hukum yang lain. Dan itu prioritas yang harus dilakukan," ujarnya.

Dia mengatakan, masalah di KPK saat ini memang terkait pimpinan di lembaga antirasuah.

Dia berharap, siapapun nanti yang terpilih sebagai pimpinan KPK mampu memperkuat konsolidasi di internal dan mengembalikan integritas.

"Siapapun itu nanti, maka kewajiban dari pemimpin KPK adalah melakukan konsolidasi internal untuk memperkuat integritas, memperkuat kompetensi, memperkuat kekompakan internal dan itu menjadi tema makalah kan pada waktu kita calon pimpinan menulis makalah, bagaimana membangun kembali integritas dan kredibilitas KPK," ujarnya.

Sebagai informasi, dari total 236 peserta yang lolos seleksi administrasi, hanya 229 peserta yang mengikuti tes tertulis. Sebanyak tujuh orang tidak hadir dan dinyatakan gugur dari seleksi capim KPK.

Adapun nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024 melalui website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan website Komisi Pemberantasan Korupsi (www.kpk.go.id).