Idrus Marham Bocorkan 3 Partai yang Bakal Gabung ke KIM Plus

ERA.id - Ketua Dewan Pembina Bappilu Partai Golkar, Idrus Marham membocorkan partai-partai politik yang bakal bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Diantaranya ada PKB, Partai NasDem, dan PKS.

Hal itu merespons wacana KIM plus di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Sekali lagi ada NasDem, ada PKB, dan khusus untuk pilkada, akhir-akhir ini juga berkembang ada dari PKS. Jadi yang dimasukkan di sini adalah KIM plus," ujar Idrus di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Dia mengatakan, sejak awal ditetapkan sebagai presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto sudah kerap memberi sinyal bakal menambah partai pendukung pemerintahannya.

Misalnya, mulai dari mendatangi Partai NasDem dan PKB. Sementara PKS memang baru berkembang akhir-akhir ini menjelang Pilkada Serentak 2024.

"Dari awal Pak Prabowo sudah mengajak kepada seluruh pimpinan partai-partai politik agar supaya bersama-sama membangun Indonesia dengan asas kekeluargaan dan kegotongroyongan," katanya.

Namun, ketiga partai tersebut memang belum resmi bergabung. Karena itu lah masih menggunakan nama KIM plus.

Menurutnya, jika ketiga sudah resmi bergabung, maka tidak lagi menggunakan nama KIM plus.

"NasDem, kemudian ada PKB, kemudian ada kemungkinan PKS, ini kan sebenarnya masih menggunakan KIM plis karena memang belum resmi. Kalau sudah resmi bergabung, tentu bukan lagi KIM plus, tapi sudah satu kesatuan," kata Idrus.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, bakal ada partai politik lain yang bekerja sama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di sejumlah daerah strategis pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Diantaranya yaitu Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Hal itu awalnya disampaikan merespons dinamika Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakata 2024. Dia mengatakan siapa calon yang akan diusung akan diputuskan bersama-sama dengan partai di KIM.

"Kan dinamika yang terjadi, aspirasi yang terjadi itu silahkan saja. Nanti pada waktunya pasti akan diputuskan secara bersama-sama, satu suara oleh Koalisi Indonesia Maju Plus. Ada Koalisi Indonesia Maju Plus," kata Dasco di iNews Tower, Jakarta, Rabu (31/7).

Menurutnya, KIM Plus ini tidak hanya untuk Pilgub Jakarta saja tetapi juga Jawa Tengah dan Jawa Barat. Namun pembahasannya menunggu kepulangan Prabowo Subianto dari lawatan luar negeri.

Pertemuan para petinggi KIM dan parpol tambahan dengan Prabowo itu secara khusus akan membahas Pilgub Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat terkait siapa tokoh yang akan diusung sebagai pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur.

"Termasuk Pilkada Jateng. Ini nunggu Pak Prabowo pulang akan ada pertemuan dari partai-partai koalisi, koalisi plus, Koalisi Indonesia Maju Plus," kata Dasco.

"Plus (artinya) ada partai lain dong yang ikut kan begitu. Akan membicarakan mengenai pilkada tadi, ada Jawa Tengah, ada DKI. Iya (Jawa Barat) KIM plus," imbuh wakil ketua DPR RI itu.