Tolak Gugatan Delta Air Lines, CrowdStrike Akui Sudah Tawarkan Bantuan Langsung ke Maskapai

ERA.id - CrowdStrike menolak tuduhan Delta Air Lines soal tanggung jawab perusahaan setelah pemadaman global yang merugikan pada 19 Juli lalu. CrowdStrike justru menyebut pihak Delta Air Lines tidak merespons tindakan cepat setelah pemadaman terjadi.

Dalam pernyataan resmi CrowdStrike, perusahaan itu mengatakan bahwa pihaknya menghubungi Delta setelah beberapa jam pemadaman terjadi untuk menawarkan bantuan. Tetapi CEO Delta tidak memberikan respons tersebut.

"Selain itu, CEO CrowdStrike secara pribadi menghubungi CEO Delta untuk menawarkan bantuan di tempat, tetapi tidak mendapat tanggapan," kata surat itu, dikutip Reuters, Senin (5/8/2024).

Surat itu juga menanggapi gugatan Delta Air Lines soal kerugian yang disebabkan pemadaman global oleh CrowdStrike. Menurut surat itu, CrowdStrike meminta Delta untuk menjelakan pesainnya yang mengalami hambatan serupa, tetapi bisa memulihkan operasinya lebih cepat.

"Mengapa pesaing Delta, yang menghadapi tantangan serupa, memulihkan semua operasi jauh lebih cepat? Dan mengapa Delta menolak bantuan gratis di tempat dari para profesional CrowdStrike yang membantu banyak pelanggan lain memulihkan operasi jauh lebih cepat daripada Delta," bunyi surat itu.

Di sisi lain, juru bicara CrowdStrike mengatakan gugatan yang diajukan Delta Air Lines itu tidak berdasar dan berharap maskapai itu bisa setuju untuk bekerja sama dalam menemukan penyelesaian.

Kasus gugatan hukum ini berawal dari CEO Delta Ed Bastian yang mengklaim maskapai AS itu mengalami kerugian sebesar 500 juta dolar AS (Rp8 triliun) dan bahwa perusahaan itu berencana untuk mengambil tindakan hukum untuk mendapatkan kompensasi dari firma keamanan siber tersebut.

Delta diketahui membatalkan lebih dari 6.000 penerbangan selama periode enam hari, yang berdampak pada lebih dari 500.000 penumpang. Maskapai ini menghadapi penyelidikan Departemen Transportasi AS terkait alasan mengapa maskapai ini membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari pemadaman dibandingkan maskapai lain.