Sinyalkan Tak Gabung KIM Plus di Pilgub Jakarta, PDIP: Kami Punya Calon

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan  Said Abdullah memberi sinyal partainya tak bergabung dengan dengan Koalisi Indonesia (KIM) plus, khususnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dia mengaku pihaknya sedang mempersiapkan tokoh untuk dimajukan.

"Insyaallah Jakarta kami punya calon," kata Said di Kompleks Parlmen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Namun dia belum mau membocorkan siapa tokoh yang akan dimajukan di Pilgub DKI. Menurutnya, ada beberapa nama yang sedang digodok.

"Kami lagi menggodok calon sendiri," ucapnya.

Disinggung soal nama Anies Baswedan, Said mengatakan hingga saat ini PDIP belum membahas lebih rinci soal peluang mengusung mantan gubernur DKI itu di Pilgub Jakarta 2024.

PDIP lebih fokus mengumpulkan kursi agar cukup untuk mengusung pasangan calon sendiri.

"Belum sejauh ini, karena kami ingin menggenapi yang tadi 24 kursi. Kalau bicara calon duluan, kursinya tidak genap kan dianggap mimpi sama orang-orang," kata Said.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, bakal ada partai politik lain yang bekerja sama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di sejumlah daerah strategis pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Diantaranya yaitu Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Hal itu awalnya disampaikan merespons dinamika Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakata 2024. Dia mengatakan siapa calon yang akan diusung akan diputuskan bersama-sama dengan partai di KIM.

"Kan dinamika yang terjadi, aspirasi yang terjadi itu silahkan saja. Nanti pada waktunya pasti akan diputuskan secara bersama-sama, satu suara oleh Koalisi Indonesia Maju Plus. Ada Koalisi Indonesia Maju Plus," kata Dasco di iNews Tower, Jakarta, Rabu (31/7).

Menurutnya, KIM Plus ini tidak hanya untuk Pilgub Jakarta saja tetapi juga Jawa Tengah dan Jawa Barat. Namun pembahasannya menunggu kepulangan Prabowo Subianto dari lawatan luar negeri.

Pertemuan para petinggi KIM dan parpol tambahan dengan Prabowo itu secara khusus akan membahas Pilgub Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat terkait siapa tokoh yang akan diusung sebagai pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur.

"Termasuk Pilkada Jateng. Ini nunggu Pak Prabowo pulang akan ada pertemuan dari partai-partai koalisi, koalisi plus, Koalisi Indonesia Maju Plus," kata Dasco.

"Plus (artinya) ada partai lain dong yang ikut kan begitu. Akan membicarakan mengenai pilkada tadi, ada Jawa Tengah, ada DKI. Iya (Jawa Barat) KIM plus," imbuh wakil ketua DPR RI itu.