Kemenparekraf Gandeng JKT48 untuk Kreasikan Lagu-Lagu Daerah

ERA.id - Menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan grup idol JKT48.

Grup idol asal Indonesia sangat senang lantaran bisa mengkreasikan lagu-lagu daerah dalam kompetisi Melodi Kemerdekaan 2024.

Lulu member JKT48 mengaku sangat senang, karena ikut serta dalam kompetisi Melodi Kemerdekaan. Menurutnya, hal ini menjadi peluang emas bagi talenta muda untuk menunjukkan kemampuan mereka di panggung yang lebih besar dan meraih audiens luas.

"Dengan kolaborasi kita wow sangat menyenangkan ya apalagi untuk kita sebagai anak-anak generasi muda Indonesia. Ya kita sangat senang sekali bisa berkolaborasi dengan Menteri," ujar Lulu dalam acara virtual Weekly Press Brief with Sandiaga Uno pada Senin (7/8/2024).

Lulu mengaku senang karena JKT48 menjadi bintang tamu dan menyanyikan lagu daerah dalam acara kompetisi Melodi Kemerdekaan.

"Apalagi kita suka nyanyi juga. Jadi kita senang banget disuruh nyanyi apalagi lagu-lagu daerah ya kita senang banget," tuturnya. 

Selain itu, Freya JKT48 menyampaikan rasa senangnya karena bisa bekerjasama dengan Kemenparekraf. Selain ajang pencarian bakat, acara ini menjadi wadah untuk mengekspresikan rasa nasionalisme.

"Sebagai generasi muda mau mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengkreasikan lagu daerah soalnya kalau menyanyikan lagu daerah bisa menjadi contoh cinta Tanah Air. Kan ini juga memperingati ulang tahun Indonesia yang ke-79," beber Freya.

Oniel JKT48 berharap agar Kompetisi Melodi Kemerdekaan menjadi tradisi tahunan yang selalu dinantikan oleh anak-anak muda. Selain itu, kompetisi ini diharapkan menginspirasi generasi muda untuk mencintai Tanah Air. 

"Kami berharap generasi muda bisa melestarikan lagu-lagu daerah Indonesia, tentunya karena lagu daerah tuh enak didengar. Liriknya banyak banget dari petua-petua positif yang bisa kita ambil." kata Oniel.

Tahun ini, Melodi Kemerdekaan memperlombakan kreasi lagu daerah dengan 9 opsi lagu yang dapat dipilih oleh peserta.

Di antaranya Cublak-Cublak Suweng, Cik Cik Periuk, Gemu Fa Mi Re, Rasa Sayange, Apuse, Kicir-Kicir, Kampung Nan Jauh di Mato, Anging Mamiri, dan Manuk Dadali. Pemenang lomba ini akan mendapatkan hadiah uang tunai mencapai total 17 juta rupiah.

Mekanisme: 

- Follow, tag, dan mention @CreativebyIndonesia dan @Pesona.Indonesia di unggahan IG Reel dan caption. 

- Unggah IG reel (16:9) menyanyikan lagu daerah favoritmu yang dikreasikan dengan tarian, aransemen musik,ataupun menggunakan kostum dan aksesoris.

- Bernyanyi dapat dilakukan secara individu maupun grup/kelompok. 

- Jika dilakukan dalam grup, maka karya video diunggah dengan invite collaborators antar anggota tim (maksimal 5 akun). 

- Ceritakan di caption tentang hal yang kamu suka dari daerah yang lagunya kamu pilih dan sertakan tagar #MelodiKemerdekaan2024.

- Penerimaan karya berlangsung dari 3-25 Agustus 2024.

Syarat & Ketentuan:

- Pastikan akun tidak di-private.

- Kreasi video merupakan karya terbaru dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba serupa. 

- Video milik pribadi dan tidak melanggar hak cipta orang lain. 

- Wajib mencantumkan credit jika menggunakan foto dan video milik orang lain dalam karyamu.

- Tidak diperkenankan untuk membuat kreasi medley (rangkaian beberapa lagu yang dimainkan secara bersambungan).