Visa: Olimpiade Paris 2024 Dongkrak Perekonomian Prancis

ERA.id - Olimpiade Paris berhasil mendongkrak perekonomian Prancis. Gelaran Olimpiade Paris ini disebut menopang perteumbuhan ekonomi Prancis.

Menurut laporan perusahaan kartu bank dan transaksi keungan AS Visa, usaha kecil di Paris melaporkan kenaikan penjualan sebesar 26 persen kepada pemegang kartu Visa selama akhir pekan pertama Olimpiade. Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Data terbaru kami menunjukkan peningkatan signifikan dalam belanja konsumen di antara pemegang kartu Visa selama akhir pekan upacara pembukaan," kata CEO Visa Eropa Charlotte Hogg, dikutip Reuters, Rabu (7/8/2024).

Visa, yang merupakan salah satu sponsor perusahaan untuk Olimpiade, mengatakan pemegang kartu AS-nya menyumbang porsi terbesar dari belanja terkait Olimpiade asing, dengan pengeluaran mereka 29 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Kemudian peningkatan besar dalam hal pengeluaran juga terdeteksi pada pemegang kartu Visa Brasil dan Jepang.

Prancis merupakan negara ekonomi terbesar kedua di zona euro. Negara itu mengandalkan Olimpiade untuk menopang pertumbuhannya yang sedikit, dengan kantor statistiknya memperkirakan peningkatan 0,3 poin persentase dari penjualan tiket dan hak siar TV serta lebih banyak pariwisata.