Meminimalisir Risiko Cedera Patah Tulang Hingga Cegah Osteoporosis, 5 Makanan yang Bikin Tulang Kuat

ERA.id

Patah tulang atau fraktur adalah kondisi ketika tulang patah sehingga bentuk atau bahkan posisinya berubah. Patah tulang merupakan cedera yang tidak ingin dialami siapapun, terutama orang tua. Patah tulang jadi masalah kesehatan masyarakat yang berkembang seiring bertambahnya usia.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menjaga tulang tetap kuat untuk kehidupan jangka panjang. Olahraga dan gaya hidup dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Akan tetapi, mengonsumsi makanan sehat untuk mengisi tubuh adalah kuncinya.

Berikut 5 makanan yang bisa bikin tulang kuat guna meminimalisir risiko cedera patah tulang hingga mensegah osteoporosis dari pakar kesehatan, seperti dilansir dari Fox News Digital.

1. Produk susu

Makanan yang mengandung kalsium adalah yang terbaik untuk kesehatan tulang. Hal ini diungkapkan oleh Antonette Hardie, ahli gizi diet pakar diet dan nutrisi di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio. Produk-produk susu disebut sebagai makanan yang mengandung kalsium tertinggi. Produk susu mengandung kalsium tinggi. Selain kalsium, susu juga mengandung Vitamin K2.

Ilustrasi susu (Unsplash)

"Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang yang baik," kata Hardie.

Dr. Eric Berg, penulis The Healthy Keto Plan dan direktur Dr. Berg's Nutritionals. vitamin K2 penting dalam penggunaan kalsium tubuh untuk membantu pembentukan tulang dan menghambat pengapuran pembuluh darah.

"Itu membuat tulang kuat, serta mencegah kalsifikasi arteri," ujar Berg.

2. Buah-buahan Vitamin C

Dr. Eric Berg mengatakan vitamin C membantu penyerapan kalsium. Nutrisi juga penting untuk produksi kolagen, komponen utama pembentuk jaringan tulang sekaligus mencegah tulang dari kerusakan. Stroberi, jeruk dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C tingkat tinggi dapat membantu menjaga tulang tetap kuat.

3. Kacang-kacangan

Antonette Hardie mengungkapkan kacang-kacangan adalah sumber kalsium yang tidak berasal dari hewan. Selain kalsium, kacang mengandung magnesium yang mengatur kalsium pada tulang. Kacang-kacangan yang paling berperan adalah almond dan kacang mete.

"Magnesium diperlukan untuk mengaktifkan vitamin D dan K2, pemain kunci dalam membuat tulang menjadi keras," kata Dr. Eric Berg.

4. Tahu

Antonette Hardie mengatakan ada beberapa makanan yang mengandung banyak kalsium. Khusus untuk orang dengan alergi susu atau yang menghindari makan produk hewani, tahu bisa menjadi sumber kalsium yang sangat baik.

Wanita berusia 19 - 50 tahun dan pria berusia 19 - 70 tahun harus berusaha mengonsumsi 1.000 mg kalsium per hari, Mengonsumsi tahu adalah cara mudah untuk mendapatkan jumlah kalsium tersebut.

"Empat ons tahu mengandung lebih dari 400 mg kalsium, dan tahu yang diperkaya kalsium memiliki dua kali lipatnya," kata Hardie.

5. Brokoli

Dr. Eric Berg mengakui brokoli mungkin bukan makanan favorit semua orang, tetapi itu adalah pembangkit tenaga nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Brokoli mengandung kalsium, vitamin C dan vitamin K. Semua kandungan nutrisi ini diperlukan untuk membantu tulang tumbuh dan memperbaiki diri.

"Dengan berfokus pada nutrisi ini, kamu dapat mendukung kesehatan tulang secara efektif." kata Dr. Eric Berg.