Tak Cuma Angkat Cerita Viral, Film Dosen Ghaib: Sudah Malam atau Sudah Tahu Bawa Isu Pendidikan

ERA.id - Film Dosen Ghaib: Sudah Malam atau Sudah Tahu akan tayang di bioskop pada 15 Agustus 2024 mendatang. Film ini diadaptasi dari kisah viral di media sosial beberapa tahun lalu. 

Meski diangkat dari cerita yang viral di masyarakat, film ini juga mengedepankan berbagai hal penting, salah satunya isu dalam dunia pendidikan. Isu yang dimaksud tentang dampak tidak baik dari seorang sosok pengajar yang killer atau kejam.

“Banyak yang bertanya akan seperti apa filmnya? Waktunya kami persilahkan penonton untuk menilai. Film ini bukan cuma teror, tapi membawa isu penting dalam pendidikan Indonesia. UGM sudah dengan tegas menolak adanya dosen killer. Kami ingin menunjukkan dampaknya seperti apa jika pembelajaran tidak dilakukan dengan baik,” kata sang produser Dheeraj Kalwani, saat konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis (8/8/2024). 

Sang sutradara, Guntur Soeharjanto mengaku senang film ini akhirnya bisa tayang untuk dinikmati masyarakat Indonesia. Ia mengatakan proses pembuatan film ini cukup menantang, dengan mengusahakan cerita yang tidak sembarangan. 

"Senang akhirnya bisa merilis film ini. Cerita yang dikembangkan dari kisah viral punya tantangannya tersendiri. Semua unsur viral harus masuk, tapi cerita juga tidak boleh sembarangan harus nyambung," tutur Guntur Soeharjanto.

Hal yang sama juga disampaikan penulis film ini, Evelyn Afnilia, bahwa ceritanya memang dibuat lebih kompleks. Ia mengaku menyoroti dampak tidak baik dari pengajar kejam kepada kesehatan mental pelajar.

"Rasanya di setiap jenjang pendidikan ada ya guru galak, dosen killer. Dulu kan mikirnya itu proses pembelajaran, tapi dengan peningkatan kesadaran pentingnya kesehatan mental, semua berubah. Ini yang menjadi dasar saya mengembangkan cerita," pungkas Evelyn Afnilia.

Sementara itu, film Dosen Ghaib: Sudah Malam atau Sudah Tahu ini dibintangi oleh Egi Fedly, Ersya Aurelia, Rayn Wijaya, Annette Edoarda, hingga Endy Arfian.