Swedia Dukung Upaya Gencatan Senjata di Jalur Gaza, Berharap Ada Titik Terang

ERA.id - Swedia menyatakan dukungan untuk negosiasai gencatan senjata di Gaza yang dimediasi oleh Amerika Serikat, Mesir, dan juga Qatar. Pihaknya berharap ada titik terang untuk membebaskan para tahanan.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom mengatakan bahwa negaranya memberikan dukungan penuh terhadap upaya negosiasi gencatan senjata di Gaza. Swedia turut mendukung upaya negara-negara yang menjadi mediator kesepakatan gencatan senjata.

"Swedia memberikan dukungan penuh terhadap upaya untuk membawa negosiasi yang sedang berlangsung mengenai gencatan senjata dan pembebasan sandera yang ditahan di Gaza ke kesimpulan yang cepat dan sukses," tulis Tobias Billstrom dalam unggahan di X, Jumat (9/8/2024).

"Kami menyetujui dan mendukung Qatar, Mesir, dan AS dalam upaya bersama mereka untuk mencapai kesepakatan," tambahnya.

Pembicaraan soal gencatan senjata antara Israel dan Hamas yang dimediasi AS, Qatar, dan Mesir sejauh ini tidak berjalan lancar. Israel menolak untuk melakukan gencatan senjata permanen dengan dan bersikukuh menghabisi Hamas.

Namun para mediator berencana untuk kembali mengundang perwakilan kedua pihak untuk melakukan negosiasi gencatan senjata pekan depan. Israel dan Hamas akan diundang untuk menghadiri negosiasi itu yang rencananya akan diadakan di Doha atau Kairo.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyetujui undangan itu, namun Hamas belum memberikan tanggapan.