Donna Agnesia dan Darius Sinathrya Ungkap Cara Cegah Anak Boros Belanja

ERA.id - Memiliki tiga orang anak, Donna Agnesia dan Darius Sinathrya mengaku mengeluarkan biaya cukup besar untuk belanja keperluan pakaian keluarga. Darius mengatakan, setiap belanja ke mal, mereka bisa menghabiskan uang puluhan juta.

“Berdigit-digit (sekali belanja). Bayangin saja kalau belanja berempat atau berlima pasti (habiskan uang) berdigit-digit pasti. Satu anak pasti ngambilnya nggak cuma satu, dua kan,” ungkap Darius saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, pada Jumat (9/8/2024). 

Untuk itu, Darius dan Donna selalu berusaha mengedukasi anak-anaknya untuk tidak terlalu boros dalam berbelanja. Caranya adalah dengan mengajarkan anak-anak mereka untuk belanja sesuai dengan budget yang ditetapkan. 

“Tapi biasanya kita edukasi anak-anak untuk 'oke papa mama punya budget sekian, kalian boleh pilih apa pun sesuai budget yang ada’. Itu jadinya mereka juga berpikir,” tutur Darius.

Donna Agnesia juga mengatakan, keluarga mereka tidak pernah menentukan waktu yang tepat untuk berbelanja bersama. Mereka berusaha belanja sesuai dengan kebutuhan anaknya masing-masing.

“Belanja ya tergantung. Kalau anak-anak kan karena mungkin mereka makin besar, size-nya beda gitu ya, jadi memang harus disesuaikan sama kebutuhannya mereka,” sambung Donna. 

Lebih lanjut, Donna juga menyampaikan ia dan Darius tidak terlalu sering berbelanja pakaian. Jika memang sudah membutuhkan pakaian baru, maka Donna membelinya. 

“Aku nggak pernah nentuin kapan harus belanja baju-baju. Selama masih bisa dipakai, kita pakai yang ada. Paling nambah satu atau dua, tapi itu juga butuh sebulan sekali lah,” pungkas Donna Agnesia.