Wahana Karpet Ajaib di China Makan Korban Jiwa, Satu Tewas dan Puluhan Wisatawan Terluka

ERA.id - Wahana karpet ajaib di wisata populer Guangxi Zhuang, China, memakan korban. Satu orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya terluka akibat wahana karpet ajaib.

Insiden yang melibatkan wahana karpet ajaib itu terjadi pada Sabtu (10/8/2024) di tempat wisata Air Terjun Detian, yang merupakan tempat populer di daerah otonom Guangxi Zhuang, Tiongkok. Seorang turis tewas dan 60 lainnya luka-luka setelah karpet ajaib itu terjun bebas dari ketinggian.

"Setelah verifikasi awal, hingga pukul 18.30, kecelakaan tersebut menyebabkan meninggalnya satu wisatawan dan melukai 60 wisatawan (termasuk 1 luka berat dan 59 luka ringan)," kata pemerintah kota Guangxi Zhuang, dikutip LTN, Senin (12/8/2024).

Laporan itu juga menyebutkan setelah kecelakaan terjadi, otoritas setempat langsung membentuk tim tanggap darurat kecelakaan, biro darurat daerah, pariwisata budaya, pemadam kebakaran, serta staf medis ke lokasi kejadian.

Terkait penyebab kecelakaan, otoritas setempat mengatakan akan menggelar penyelidikan untuk mengetahui hal tersebut. Di sisi lain, pihak wisata Air Terjun Detian mengatakan insiden itu terjadi karena kerusakan alat tanpa menjelaskan lebih spesifik penyebab kecelakaan.

Menurut laporan Global Times, seorang saksi yang berada di wahana tersebut mengatakan bahwa ban berjalan tersebut sedang mengangkut orang-orang ke atas ketika tiba-tiba berhenti dan mulai meluncur turun, menyebabkan orang-orang saling bertabrakan dan menumpuk.

"Panel pengaman di kedua sisi juga rusak," kata seorang saksi.

Saksi lain yang berada di wahana tersebut mengatakan bahwa ponselnya terlempar karena turun dengan cepat. Ia juga mengalami banyak luka lecet dan dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Wahana yang menyerupai ban berjalan manusia itu membantu para wisatawan menaiki gunung yang curam dengan lebih cepat. Para pengendara harus tetap duduk dan dikelilingi oleh pembatas transparan di kedua sisi.

Area Pemandangan Air Terjun Transnasional Detian juga mengeluarkan pengumuman penutupan dan akan ditutup sementara pada tanggal 11. Jam buka selanjutnya akan diberitahukan secara terpisah.

Area Pemandangan Air Terjun Detian terletak di Kota Chongzuo, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, yang membentang di Tiongkok dan Vietnam. Wisata ini adalah air terjun transnasional terbesar di Asia dan air terjun transnasional terbesar kedua di dunia.