Hari ini, Jokowi Akan Menyampaikan Pidato Terakhir di Sidang Tahunan MPR-DPR

ERA.id - Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato kenegaraan terakhirnya dalam Sidang Tahunan MPR tahun 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024)

Sidang Tahun MPR tahun 2024 merupakan yang terakhir kalinya diikuti oleh Jokowi, jelang masa jabatannya sebagai kepala negara berakhir pada 20 Oktober 2024.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana mengatakan, ada dua pidato yang akan disampaikan Jokowi pada hari ini.

"Bapak Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta," kata Yusuf dikutip dari keterangannya.

Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-79 RI sekaligus kinerja lembaga-lembaga negara pada Sidang Tahunan MPR.

Selanjutnya, Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya, pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2024-2025.

Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada venue acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.

"Sidang tahunan kali ini sangat spesial karena ini juga merupakan sidang terakhir di sisa periode DPR, DPD dan MPR periode 2019-2024," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Akan ada tiga agenda dalam Sidang Tahunan 2024, yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

Kemudian Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD esok, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024.