Buka Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Malah Cari Bahlil saat Sapa Ketum Parpol

ERA.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet membuka Sidang Tahunan 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Ada momen menarik saat Bamsoet mengawali pidato pembukaan Sidang Tahunan MPR 2024. Awalnya dia menyapa seluruh tamu undangan yang hadir.

Mulai dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dia juga sempat menyapa Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih periode 2024-2029.

Kemudian Bamsoet mulai menyapa satu per satu para ketua umum partai politik yang hadir. Yang pertama disapa yaitu Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Para ketua umum partai politik Plt Ketua Umum Partaj Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, boleh tepuk tangan," kata Bamsoet.

Di tengah-tengah tepuk tangan, Bamsoet kemudian mencari Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang diisukan bakal menjadi ketua umum Partai Golkar.

"Pak Bahlil ada enggak?" tanya Bamsoet.

Adapun hal itu dilakukannya di hadapan Airlangga Hartarto yang juga hadir dalam kapasitasnya sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian.

Diketahui, Airlangga baru saja mengundurkan diri dari posisi ketua umum Partai Golkar.

Sebagai informasi, Sidang Tahunan 2024 akan terdiri dari tiga agenda yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

Kemudian Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024. Di agenda ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan Pengantar Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada venue acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.