Jokowi Sebut Soal Makan Bergizi Gratis Sebagai Kebijakan Jangka Pendek dan Menengah, Berapa Anggarannya?

ERA.id - Presiden Jokowi menjelaskan strategi kebijakan jangka pendek yang akan difokuskan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Salah satunya melalui program Makan Bergizi Gratis (MBG).

"MBG diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM," kata Jokowi dalam sidang RAPBN di gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Tak hanya itu, ia menilai program MBG dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah. Program MBG dilakukan secara bertahap, diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel.

Lalu untuk strategi jangka menengah bisa diarahkan untuk mengakselerasi transformasi ekonomi menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Dalam strategi ini, Jokowi kembali menyebut soal program makan bergizi gratis selain program pendidikan bermutu, renovasi sekolah, kesehatan berkualitas hingga perlindungan sosial.

"Anggaran pendidikan dialokasikan sebesar Rp722,6 triliun, dialokasikan untuk peningkatan gizi anak sekolah, renovasi sekolah, dan pengembangan sekolah unggulan," kata Jokowi.