Pimpin Doa Upacara HUT RI di IKN, Menag: Kami Dijajah Nafsu Sendiri

ERA.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas didapuk membacakan doa di Upacara HUT ke-79 RI yang digelar di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024).

Dalam doanya, Yaqut memohon kepada Tuhan agar dianugrahi pemimpin yang memiliki pemahaman atas makna kemerdekaan yang hakiki. Sebab banyak yang mulai dijajah oleh nafsunya sendiri.

"Berilah kepada kami dan pemimpin-pemimpin kami kecerdasaan memahami arti kemerdekaan yang hakiki," ucapnya.

"Beratus tahun sudah kami dijajah bangsa asing, dan kami setelah merasa merdeka kami mulai dijajah oleh nafsu dan kedengkian kami sendiri," imbuh Yaqut.

Dia juga menyinggung soal pemimpin yang mementingkan kepentingan pribadi ketimbang kepentingan bersama.

Dalam doanya, Yaqut memohon agar pemimpin ke depan dikaruniai kearifan dan kebijaksanaan.

"Karuniailah pemimpin-pemimpin kami kearifan dan kebijaksaan. Bukakanlah hati kami untuk saling menjunjung tinggi kejujuran dan menegakan keadilan, bukakanlah hati kami untuk mementingkan kepentingan bersama, melebihi kepentingan pribadi," ucap Yaqut.

Sebagai informasi, Upacara HUT ke-79 RI digelar di dua tempat yaitu Istana Negara, IKN dan Istana Merdeka, Jakarta. Namun proses pengibaran bendera merah putih dilakukan di IKN.

Upacara ini menjadi upacara terakhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo sebelum pelantikan Presiden terpilih Oktober mendatang.

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara di IKN dan didampingi oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti upacara di Istana Merdeka, Jakarta bersama wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.