Jokowi Maklum Megawati dan SBY Absen Upacara HUT RI di IKN

ERA.id - Presiden Joko Widodo memaklumi ketidakhadiran Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Upacara HUT ke-79 RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya kedua tokoh tersebut sedang ada kegiatan penting lainnya.

Hal itu disampaikan usai menghadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-79 RI di Istana Negara, IKN, Sabtu (17/8/2024).

"Ya karena beliau-beliau kan juga ada kegiatan yang sangat penting di tempat yang berbeda," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Dia mengatakan, apapun kegiatan yang sedang dilakukan oleh Megawati maupun SBY harus dihargai. Lagipula merayakan hari kemerdekaan di mana pun dirasa sama saja karena tidak mengurangi makna perayaan hari kemerdekaan.

"Sata kira kita harus menghargai karena beliau-beliau juga merayalan hari ulang tahun kemerdeaan di Jakarta, di Pacitan. Saya kita merayakan di manapun sama saja," kata Jokowi.

Diketahui, Megawati memilih memimpin upacara HUT ke-79 RI bersama kader PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta. 

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mewakili Megawati di IKN.

Sementara SBY merayakan hari kemerdekaan di Pacitan, Jawa Timur. Menteri ATR/BPN yang juga putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan agenda itu sudah direncanakan jauh-jauh hari.