Pendaftaran Calon Ketum Golkar Resmi Dibuka Hari Ini, Apa Saja Syaratnya?

ERA.id - Pendaftaran calon ketua umum (ketum) Partai Golkar dibuka mulai hari ini, Senin (19/8). Para bakal calon dapat mendaftarkan diri sejak pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta.

"Pendaftaran calon Ketua Umum DPP Partai Golkar masa bakti 2024-2029 dimulai," kata Wakil Sekretaris Panitia Pengarah Munas XI Partai Golkar 2024, M Sattu Pali dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/8/2024).

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi para kader yang ingin mendaftar sebagai bakal calon ketum. Syarat pertama adalah calon yang maju pernah menjadi pengurus Partai Golkar tingkat pusat atau sekurang-kurangnya pernah menjadi pengurus Partai Golkar tingkat provinsi, dan atau pernah menjadi pengurus pusat organisasi pendiri dan yang didirikan Partai Golkar selama 1 periode penuh dan didukung oleh minimal 30 persen pemegang hak suara.

Syarat kedua, calon yang akan maju aktif terus menerus menjadi anggota Partai Golkar sekurang-kurangnya 5 tahun dan tidak pernah menjadi anggota partai politik lain. 

Ketiga, calon juga pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan kader Partai Golkar. Syarat keempat, calon yang maju memiliki PDLT atau prestasi, dedikasi, disiplin loyalitas, dan tidak tercela.

Syarat kelima, calon yang akan maju memiliki kapabilitas dan akseptabilitas dan tidak pernah terlibat G30S/PKI. Kemudian, bersedia meluangkan waktu dan sanggup bekerja sama secara kolektif dalam Partai Golkar.

Adapun Partai Golkar akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) pada 20-21 Agustus 2024. Kegiatan tersebut mengagendakan pemilihan Ketua Umum Partai Golkar definitif. 

Saat ini, Golkar dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum, Agus Gumiwang Kartasasmita usai Airlangga Hartarto menyatakan mundur dari pucuk pimpinan partai berlogo pohon beringin tersebut pada Sabtu (10/8).