Inggris Bantah Ditolak Bertemu Netanyahu di Israel, Ungkap Fakta yang Sebenarnya

ERA.id - Inggris membantah laporan yang menyebutkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak untuk bertemu diplomat tingginya ketika berkunjung ke Tel Aviv.

Kantor Luar Negeri Inggris menolak laporan media Israel yang mengklaim Netanyahu menolak bertemu Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy, yang sedang berkunjung minggu lalu. Kementerian itu justru menekankan bahwa kunjungan Lammy ke Inggris tidak diperuntukkan untuk bertemu dengan Netanyahu.

"Tidak ada rencana untuk bertemu Perdana Menteri Netanyahu selama kunjungan ini," kata pernyataan itu, dikutip Anadolu, Senin (19/8/2024).

Selama kunjungan bersama mitranya dari Prancis, Lammy bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz dan Menteri Urusan Strategis Ron Dermer. Pertemuan itu pun untuk menegaskan kembali perlunya gencatan senjata demi pembebasan para sandera di tengah meningkatnya eskalasi regional.

Channel 13 News sebelumnya melaporkan pada hari Jumat bahwa Netanyahu menolak bertemu dengan Lammy sebagai tanggapan atas keputusan pemerintah Inggris baru-baru ini untuk menarik keberatannya terhadap Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), yang memutuskan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant.

Bulan lalu, Inggris mengatakan tidak akan melanjutkan upaya untuk mempertanyakan apakah ICC memiliki yurisdiksi untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi Netanyahu dan Gallant

Keputusan ini muncul setelah Jaksa ICC Karim Khan mengumumkan pada bulan Mei bahwa ia telah meminta surat perintah penangkapan bagi mereka atas perang.

Kantor Luar Negeri Inggris telah menolak laporan media di Israel yang mengklaim bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak untuk bertemu minggu lalu dengan Menteri Luar Negeri Inggris yang sedang berkunjung, David Lammy.