Dharma-Kun Dianggap Bukan Lawan Sebanding, Ridwan Kamil: Jangan Menyepelekan

ERA.id - Bakal calon gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil mengatakan, tak boleh meremehkan setiap calon yang hendak maju di Pilgub Jakarta 2024.

Hal itu merespons anggapan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana bulan lawan yang  sebanding untuk Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta 2024.

"Jangan menyepelekan siapapun sosok yang ditampilkan punya niat baik di Jakarta," kata Ridwan Kamil di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Dia menilai, siapapun calon yang mendaftaran diri maju di pilkada adalah sosok yang memiliki kapasitas dan ilmu yang baik.

Eks gubernur Jawa Barat itu menyerahkan pilihan kepada masyarakat Jakarta. Namun dia cukup percaya diri akan menang jika nantinya melawan Dharma-Kun.

"Semua yang mendaftar punya ilmu, punya kapasitas yang baik," kata Ridwan Kamil.

"Saya kira (warga) Jakarta akan memilih di antara kami-kami mana yang dianggap paling relevan. Ya kalau terbaik paling relatif, tapi relevan pada Jarta baru yang menjadi slogannya.

Soal dugaan Dhrama-Kun mencattut KTP warga Jakarta untuk memenuhi syarat maju sebagai calon independen, Ridwan Kamil ogah menanggapi.

Menurutnya hal itu merupakan kewenangan penyelenggara Pemilu untuk menanggapi.

"Pertanyaannnya relevannya ke KPU dan Bawaslu, saya hanya peserta yang mengikuti sesuai prosedur.. bukan kapasitas saya untuk menjawab," katanya.

Pasangan Dharma-Kun oleh KPU DKI dinyatakan lolos verifikasi calon independen di Pilgub Jakarta 2024.

Belakangan Dharma-Kun dituding mencatut KTP warga Jakarta untuk memenuhi persayaratan. Salah satu yang dicatut adalah dua orang anak eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.