Kronologi Pospol Kebon Sereh di Jaktim Dirusak Pria Diduga Alami Gangguan Jiwa

ERA.id - Pos Polisi (Pospol) Kebon Sereh di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Matraman, Jakarta Timur (Jaktim) dirusak oleh seorang pria berinisial B pada Selasa (20/8) kemarin pagi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi menjelaskan kejadian berawal ketika pelaku datang ke Pospol Kebon Sereh dengan dibonceng seseorang. B tidak mengenakan baju dan hanya memakai celana ketika ke Pospol tersebut. Setibanya, orang yang membonceng B pergi meninggalkan lokasi.

"Selanjutnya pelaku berjalan ke depan Polsubsektor Kebon Sereh dan berdebat dengan pengendara sepeda motor yang sedang berhenti di depan Polsubsektor Kebon Sereh," kata Ade kepada wartawan, Rabu (21/8/2024).

Tak lama setelah itu, pengendara motor tersebut pergi meninggalkan Pospol Kebon Sereh. Pelaku lalu duduk di depan pintu Pospol. Polisi yang bertugas, Iptu S bersama seorang saksi, SP mendekati B dan bertanya maksud dan tujuannya ke Pospol. B lalu ke dalam Pospol dan menyerang Iptu S dengan mencekiknya.

"Selanjutnya Iptu S berusaha melepaskan diri dari cekikan pelaku dan saksi SP (mencoba) pergi keluar untuk meminta bantuan," jelasnya.

Sebelum pergi, SP menutup pintu Pospol agar pelaku tak dapat kabur. Namun, pelaku berusaha keluar dengan menarik paksa pintu tersebut.

SP yang kalah tenaga lalu melepaskan pintu Pospol itu. Setelah itu dia kabur menjauh dari Pospol. Dari kejauhan, dia melihat pelaku mengambil helm Iptu S dan memukul-mukul barang tersebut.

"Selanjutnya saksi 2 melihat bahwa kaca depan Polsubsektor Kebon Sereh sudah hancur. Kemudian pelaku berhasil diamankan oleh petugas dari Polsek Matraman," ucap Ade.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan ini menyebut B diduga mengalami gangguan jiwa. Polisi pun membawa pelaku ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jaktim, untuk diperiksa kejiwaannya.