Jokowi Akui Merasa Sangat Teduh dan Lebih Nyaman di "Bawah Beringin": Golkar Terbuka untuk Siapa pun

ERA.id - Presiden Jokowi mengaku merasa teduh dan nyaman berada di Partai Golkar. Sebab partai ini terbuka bagi semua orang.

"Saya kalau melihat pohon beringin bawaannya adem gitu, bawaannya sejuk, apalagi di siang hari yang sedang panas-panasnya, sedang terik-teriknya. Kalau di bawah pohon beringin bawannya adem dan sejuk," kata Jokowi dalam Munas Golkar di Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Menurutnya, berada di bawah pohon beringin membuatnya lebih teduh. Bahkan ia merasa sangat teduh dan lebih nyaman. Ia juga memuji Golkar sebagai partai yang terbuka untuk siapa pun.

"Kalau di bisnis ini TBK. Kita bisa lihat sejarah-sejarah ketua umum Golkar dari mana saja. Ada yang dari Jawa ada Pak Agung Laksono, Pak Setya Novanto, Pak Airlangga Hartarto," katanya.

Ia pun menyebutkan mantan ketua umum dari Sumatera diantaranya ada Aburizal Bakrie dan Akbar Tanjung. Lalu ada Jusuf Kalla dari Sulawesi dan ketua umum yang sekarang dari Tanah Papua.

"Artinya Partai Golkar ini Indonesia banget. Dan jangan lupa malam hari ini saya pakai kuning," katanya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri penutupan Musyawarah Nasional (Munas) XI Golkar hari ini, Rabu (21/8/2024) malam. Setibanya di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, ia tampak mengenakan kemeja lengan panjang berwarna kuning polos, ciri khas partai berlogo pohon beringin ini.

Saat memasuki ruangan acara, kehadiran Jokowi langsung disambut riuh tepuk tangan para peserta Munas. Dia kemudian menyalami beberapa tokoh politik Partai Golkar.

Selain itu, hadir juga pasangan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Prabowo terlihat mengenakan jas, sedangkan Gibran menggunakan batik lengan panjang.