PDIP Masih Tunggu Momentum Terbaik untuk Umumkan Calon Kepala Daerah Pilkada Jakarta, Jateng, dan Jatim

ERA.id - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan partainya akan mengumumkan calon kepala daerah untuk pilkada Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah pada gelombang ketiga. Ia memastikan akan mencari momentum yang terbaik.

"Tentu antara tanggal 24 sampai 27 kita akan mencari momentum yang terbaik dalam mengumumkan daerah sisa," katanya di DPP PDIP, Kamis (22/8/2024).

Ia mengakui PDIP masih menunggu momentum tersebut lantaran ada pihak-pihak yang mencoba untuk menggunakan benteng-benteng kekuasaan dan membatasi ruang gerak demokrasi.

"Pada hari ini sudah diumumkan pasangan calon kepala daerah di 169 daerah, dan itu menunjukkan bagaimana PDIP melakukan seleksi kandidat untuk mencari para pemimpin. Karena pilkada sangat menentukan masyarakat bangsa dan negara," kata Hasto.

Untuk diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan 169 calon kepala daerah yang diusung PDIP. Rinciannya sebanyak 6 calon untuk tingkat provinsi, 151 kabupaten/kota, dan 12 kota. Nama-nama tersebut dibacakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Selanjutnya dengan seizin ibu Ketua Umum perkenanlahkan kami mengumumkan calon gubernur dan calon wakil gubernur," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Lebih lanjut, Hasto pun membacakan nama-nama calon kepala daerah yang diusung partainya. Diantaranya calon kepala daerah Jambi, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bali, Papua Tengah hingga Papua Selatan.

"Dari Jakarta menunggu keputusan Ibu Mega. Demikian pula dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Hasto.

Adapun, 6 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang resmi diusung PDIP untuk Pilkada serentak tahun 2024, diantaranya:

1. Kepulauan Riau, Muhammar Rudi - H. Aunur Rafiq

2. Jambi, Al Haris - Abdullah Sani

3. Kep. Bangka Belitung, Hidayat Arsani - Heliana

4. Bali, Wayan Koster - I Nyoman Giri Prasta

5. Papua Tengah, Meki Nawipa - Deinas Geley

6. Papua Selatan, Apolo Safanto - Paskalis Imagawa