Terima Mandat Jadi Dewan Syuro PKB, Ma'ruf Amin: Kiai yang Minta Susah Nolaknya

ERA.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima mandat untuk menjadi Ketua Dewan Syuro PKB periode 2024-2029. Sebab sulit menolak permintaan dari para kiai.

Hal itu disampaikan dalam pidato penutupan Muktamar ke-6 PKB di Nusa Dua Convention Center, Bali, Minggu (25/8/2024).

"Kalau kiai sudah meminta, itu nolaknya susah. Apalagi ketua dewan syuro, ketua dewan syuro PKB, saya sulit sekali melupakan PKB," kata Ma'ruf.

Dia mengaku, selepas tak lagi menjabat sebagai wakil presiden, dia berniat kembali mengurus pesantren. Namun datang permintaan dari para kiai supaya bersedia menjadi Ketua Dewan Syuro.

Oleh karena itu, dia tak bisa menolak permintaan para kiai. Selain itu memang dirinya sulit melupakan PKB, partai politik yang ikut didirikannya.

"Saya sulit sekali melupakan PKB. Karena saya bersama para kiai mendirikan PKB dulu," ucapnya.

Mantan Rais Aam PBNU itu lantas menceritakan pengalamannya menjadi bagian Tim Lima yang dibentuk PBNU untuk mendirikan PKB. Saat itu, dia pun ditunjuk menjadi ketua dewan syuro untuk pertama kalinya pada tahun 1998.

Dia lantas berkelakar, jika setelah 26 tahun kembali terpilih sebagai ketua dewan syuro, seharusnya hal itu patut masuk dalam catatan Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Kalau saya sekarang dewan syuro lagi sesudah 26 tahun, ini kayanya masuk rekor muri. Setalah 26 tahun balik lagi, dulu Pak Muhaimin sekjen, sekarang sudah ketum berkali-kali," kata Ma'ruf.

Dia lantas menerima pinangan para kiai untuk kembali menjadi ketua dewan syuro PKB bersama Muhaimin Iskandar yang kembali terpilih sebagai ketua umum.

"Untuk kemaslahatan bersama, untuk kepentingan bersama, maka dengan bismillah saya terima permintaan itu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin terpilih menjadi Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masa bakti 2024-2029. Keputusan itu ditetapkan dalam Muktamar ke-VI PKB yang digelar di Bali, Sabtu (24/8)

Penetapan itu berdasarkan hasil rapat pleno ke-4 Muktamar ke-6 PKB yang telah disetujui seluruh DPW PKB dari 38 provinsi.

Awalnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengunkapkan bahwa para guru dan sesepuh PKB bermusyawarah jelang pelaksanaan Muktamar dan mengusulkan Ma’ruf Amin didapuk sebagai Ketua Majelis Syuro PKB.

“Berdasarkan musyawarah itu, para kiai menyetujui dan mengusulkan Almukarrom Professor Doktor Kiai Haji Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro,” ungkap Cak Imin.