Usung Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten, Megawati: Nanti Mesti Pakai Merah Hitam Lho

ERA.id - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri meminta bakal calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany untuk memakai baju merah hitam yang identik dengan PDIP saat mendaftarkan diri ke KPU. Ia pun mengatakan bila tak dilakukan maka bisa maju lewat jalur independen.

"Saya tadi itu, nanya Mbak Airin ya. Nanti mesti pakai ini merah hitam lho. Iyalah, mau dijadikan tapi coba, masa nggak pakai merah hitam. Ye gimana? Terus maunya jadi apa? Independen? Ya cari independen. Betul? Lho itu fair," kata Megawati di DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Megawati menilai bila seseorang ingin masuk sebuah partai maka harus ada ketegasan. Bila tak ingin masuk sebuah partai maka sebaiknya jangan dipaksakan.

"Kan ada sekarang masih berlaku toh independen, saya suka bingung lho kalau orang yang mau taruhan di independen itu . Bisa ngumpulin berapa persen dia sekarang, setengah persen pemilih ya, banyak e. Apalagi daerah tebel-tebel itu, pokoknya Jawa lah," kata Megawati.

Menurutnya, bila masuk PDIP maka lahir batin harus memiliki roh PDIP. Ia menegaskan bila sosok yang dicalonkan PDIP tak mau patuh maka harus bersedia "out".

"Nanti semuanya saya ajarin siapa yang ndak mau nurut out, gitu aja. Saya pusing karena maunya, mau ikut jadi PDIP atau mau dompleng aja gitu lho, saya nggak mau lagi," kata Megawati.

Untuk diketahui, Mantan Wali Kota Tangerang, Airin Rachmi Diany bakal menerima rekomendasi resmi B1KWK dari PDI Perjuangan. Dia diduetkan dengan Ade Sumardi sebagai bakal calon dan bakal calon wakil gubernur di Pilgub Banten 2024.

Berdasarkan pantauan, Airin mengenakan batik merah saat tiba di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

Dia terlihat didampingi oleh Ade Sumardi. Beberapa kali dia sempat berbincang dengan kader PDIP.

Politisi Partai Golkar itu irit bicara saat ditanya oleh awak media terkait makna baju yang dikenakannya. Dia hanya mengatakan kalau dirinya hanya memposisikan diri beradaptasi dengan PDIP yang akan mengusungnya.

“Kenapa kamu pake baju abu abu. Sesuai dengan gambar saya dimana dimana. (Bakal gabung kader?) Baiknya gimana,” ujar Airin.