PDIP Akui Anies Sempat Datang ke Kantornya, Ternyata ini Alasan Tak Dideklarasikan

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengkonfirmasi kehadiran Anies Baswedan di sela-sela pengumuman dukungan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah di Pilkada Serentak 2024.

Dia mengatakan, Anies bertemu dengan kader PDIP Rano Karno di Gedung B, Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

"Memang Pak Anies tadi kita lihat sempat datang, di gedung B ketemu sama si Doel, bang Rano," kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

Semula, nama Anies Baswedan santer dikabarkan bakal berduet di Pilgub Jakarta 2024. Dari foto yang beredar, Anies dengan kemeja tenun merah mudah tengah duduk bersama Rano Karno.

Menurutnya, pertemuan antara Anies dan Rano wajar terjadi. Terlebih keduanya merupkan mantan kepala daerah.

"Harus ingat bahwa Bung Rano ini adalah (mantan) gubernur Banten, wakil gubernur Banten. Pak Anies itu gubernur DKI, masa gubernur DKI sama gubernur Banten berdiskusi tidak boleh? Boleh kan, jadi dalam rangka untuk silaturahmi, untuk membicarakan sebetulnya DKI ke depan itu seperti apa, tukar menukar pengalaman," ujarnya.

Prihal alasan kenapa PDIP tak mendeklarasikan pasangan calon untuk Pilgub Jakarta 2024, Djartot beralasan memang karena Pilgub Jakarta tidak termasuk daerah yang diumumkam hari ini.

"Pengumuman kepala daerah hari ini memang DKI tidak ada," kata Djarot.

Meski begitu, dia tak membenarkam maupun membantah apakah Anies-Rano Karno adalah pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang akan diusung PDIP pada Pilgub Jakarta 2024.

Keputusan itu merupakan hak prerogatif Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum PDIP.

"Masih belum, itu kewenangan hak prerogatif dari ketua umum. Maka sabarlah sedikit, satu dua hari, pasti ketua umum akan menyampaikan siapa yg nanti akan dicalonkan di DKI Jakarta," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, PDIP kembali mengumumkan calon kepala daerah gelombang ketiga pada Senin, 26 Agustus. Di antaranya adalah Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang maju di Pilgub Jateng dan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.