Digelar Awal Oktober, Synchronize Fest 2024 Merayakan Kebersamaan Melalui Musik

ERA.id - Synchronize Fest kembali hadir di tahun 2024 ini dan akan digelar pada 4, 5, 6 Oktober mendatang di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Utara. Pagelaran tersebut tahun ini mengusung tema “Together Bersama”. 

Tema dimaksudkan untuk merayakan dan menerjemahkan relevansi budaya kreatif serta musik Indonesia hari ini, dengan menjadi wadah ekspresi yang dapat melebur sesuai zaman. Tema ini juga diharapkan mendeskripsikan musik sebagai cara untuk menghadapi segala situasi di Indonesia saat ini. 

“Synchronize Fest tahun ini dengan ‘Together Bersama’ sebagai tema besar menjadi amplifikasi kita semua untuk saling bergandengan tangan dan mendukung ekosistem kreatif di Indonesia, juga masyarakat dunia,” kata Direktur Festival Synchronize Fest, David Karto, saat konferensi pers di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, pada Selasa (27/9/2024). 

“Konteks ‘Together Bersama’ di tahun ini begitu banyak tantangan yg akan kita hadapi, situasi politik, ekonomi, sekarang kita berada di ketidakpastian. ‘Together Bersama’ kita merasa ini adalah yang kita butuhkan saat ini, di mana ada perpecahan atau apa pun itu, cuma satu yang menyatukan kita yaitu musik melalui Synchronize Fest 2024,” tambah Director of Communication, Aldila Karina. 

Semangat “Together Bersama” diwujudkan melalui 160 penampil yang akan mengisi tujuh panggung. Mereka antara lain Bagi Rapot Sambil Karaoke, Killing Me Inside RE:UNION X Pee Wee Gaskins, Bondan Prakoso & Fade2Black, Dewi Perssik feat Aldi Taher.

Aldi Taher, Guyon Waton, Maliq & D'Essentials, Wali, Superman Is Dead, hingga grup dan musisi pendatang baru yang menjanjikan seperti Asal Bunyi (Texpack, Rrag, Swellow), Bernadya, Dazzle, Funeruuu, Sukatani, Tamat, dan lain-lain.

Musik-musik bernapaskan spiritual juga hadir di tahun ini. Melalui penampilan Haddad Alwi feat. Sulis Cinta Rasul dan Yasmin yang dikenal dengan lagu- lagu religi Islam, Sidney Mohede yang membawakan lagu-lagu spiritual Kristiani, hingga Barry Likumahuwa yang mengusung konsep “Pengharapan” dengan pendekatan musik gospel.

Hadir pula pertunjukan istimewa NIKE ARDILLA LIVE BERSAMA (Bonita, Danilla, Fanny Soegi, Putri Ariani, Tantri "KOTAK"), ROCK OPERA KEN AROK: HARRY ROESLI (ANDY /rif, Arie Kriting, Candil, Dira Sugandi, Fauzan Lubis, Hari Pochang, Indra Lesmana, Isyana Sarasvati, Oslo Ibrahim, Sal Priadi, Soleh Solihun, Sri Hanuraga, Teater Mainmonolog) musik oleh Gerald Situmorang. 

Termasuk juga panggung spesial untuk 60 TAHUN ELVY SUKAESIH BERKARYA yang menjadi ajang penghormatan pada musisi yang sejak lama berdedikasi dan melahirkan karya-karya monumental. 

Terdapat juga pertunjukan yang mengusung tema-tema menarik lain seperti penampilan 5 diva muda masa depan SRICANDY: Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya, Mahalini, Keisya Levronka yang akan tampil di dalam satu panggung. Pertunjukan SORE DAN KAWAN-KAWAN (Afgan, Ardhito Pramono, Atilia Haron, Bilal Indrajaya, Cholil Mahmud, Fanny Soegi, Pusakata, Noh Salleh, Rian Ekky Pradipta).

Tak hanya itu hadir juga program musik fenomenal televisi medio 2000-an INBOX SCTV LIVE AT SYNCHRONIZE FEST (7ICONS, CHIBI-CHIBI, D'Bagindas "C.I.N.T.A", Hello Band, Repvblik. HOST: Andhika Pratama, Gading Marten, Audi Marissa), dan masih banyak lagi yang akan diumumkan.