Bertemu dengan PBB, WHO Yakin Bisa Tangani Mpox di Seluruh Dunia

ERA.id - Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, bertemu dengan para pemimpin badan-badan PBB di Republik Demokratik Kongo guna membahas wabah mpox.

Tedros mengonfirmasi di laman X miliknya soal pertemuan tersebut yang difokuskan pada pendekatan terpadu untuk menangani wabah mpox, terutama di wilayah timur di negara yang dilanda konflik.

"Bertemu dengan para kepala badan PBB di DRC untuk membahas respons bersama kita terhadap wabah mpox di seluruh negeri, terutama di wilayah timur yang dilanda konflik," kata Tedros.

Selama diskusi berlangsung, para pemimpin badan-badan PBB itu menegaskan kembali komitmen mereka untuk memperkuat respons yang dipimpin pemerintah. Langkah-langkah utama meliputi peningkatan pengawasan penyakit, peningkatan kesadaran masyarakat, dan memastikan bahwa vaksin dapat diakses oleh pasien kritis dan kontak mereka.

"Kami sepakat bahwa dengan tindakan bersama dan koordinasi, kita dapat mengendalikan wabah mpox," jelasnya.

WHO telah mengklasifikasikan mpox sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Penyakit ini telah menyebar ke dua belas negara di kawasan Afrika, dengan lebih dari 15.000 kasus yang diduga dilaporkan.

Republik Demokratik Kongo, yang masih menjadi episentrum, bersama dengan Burundi dan negara-negara Afrika Timur lainnya, akan segera menerima vaksin, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika.