Pramono-Rano Beri Sinyal Ketua Tim Pemenangan Bukan Kader Partai, Anies Baswedan?

ERA.id - Bakal calon gubernur dan bakal calon wakil guernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno akan segera mengumumkan tim pemenangannya di Pilgub Jakarta. Hal ini sudah didiskusikan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Setelah kami berdiskusi dengan ibu ketua uum, dengan sekjen, dengan DPP, nanti markas maupuan ketua tim pemenangannya sebentar lagi akan kami umumkan," kata Pramono di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (31/8/2024).

Dia mengatakan, nantinya ada dua tempat yang akan dijadikan markas tim pemenangan. Saat ini, tempat tersebut masih dipersiapkan.

"Yang jelas kami sudah mempersiapkan, ada dua. Satu memang khusus untuk think tank, untuk mikir. Satu yang untuk relawan dan macam-macam," ucapnya.

Terkait siapa yang akan ditunjuk sebagai ketua tim pemenangan, menteri sekretaris kabinet (menseskab) itu memberi sinyal tokoh di luar kader PDIP.

Semula, Pramono-Rano mengharapkan Ketua DPP PDIP Adian Napitupulu untuk menjadi ketua tim pemenangan. Namun Adian sudah mendapat tugas lain dari partai.

"Kita akan cari nama yang bisa diterima oleh seluruh masyarakat Jakarta, kemungkinan besar bukan kader, bukan kader partai, kemungkinan besar," kata Pramono.

Saat disinggung apakah akan menunjuk Anies Baswedan sebagai ketua tim pemenangan, dia enggan memberi bocoran.

"Ya nanti diumumkan," ujar Pram.

Sementara Rano Karno menambahkan, pengumumuman tim pemenangan akan dilakukan secepatnya. Paling lambat pekan depan sebelum masa kampanye dimulai.

"Ya mungkin bulan depan harus sudah, karena tanggal 22 kan sudah, istilahnya sudah bisa diklarasi sudah bisa kampanye, berarti sebelum itu kita sudah punya posisi-posisi," kata Rano.

Sebelumnya, PDI Perjuangan mengharapkan Anies Baswedan menjadi bagian dari tim pemenangan Pramono Anung-Rano Karno di Pilgub Jakarta 2024. Permintaan itu muncul setelah PDIP batal mengusung Anies.

Menanggapi hal itu, Anies hanya menjawab singkat.

"Ya pokoknya nanti, nanti," kata Anies di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Jumat (30/8).

Dia juga tak merespons lebih lanjut saat disinggung apakah sudah ada tawaran resmi dari PDIP untuk menjadi tim pemenangan Pramono-Rano.

"Pokoknya kita sambil jalan," ucap Anies.