Soal Video Viral WNI Diduga Gangster di Jepang, KBRI Tokyo: Jaga Nama Baik Bangsa dan Negara

ERA.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Osaka menanggapi kabar viral soal gangster asal Indonesia di Namba, Osaka, yang meresahkan masyarakat sekitar. KBRI Tokyo dan KJRI Osaka menekankan pentingnya menjaga nama baik bangsa dan negara.

Dalam pernyataan resmi di media sosial, KBRI Tokyo dan KJRI Osaka mengimbau kepada seluruh WNI di Jepang untuk mematuhi norma-norma yang berlaku di negara tersebut. Pihaknya juga menekankan pentingnya menjaga ketertiban umum yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

"KBRI Tokyo dan KJRI Osaka mengimbau seluruh WNI di Jepang untuk mematuhi nilai, norma, kebiasaan dan aturan hukum setempat. Setiap pelanggaran memiliki konsekuensi yang menjadi tanggung jawab pelaku. Turut serta menjaga ketertiban umum," kata pernyataan tersebut, Senin (2/9/2024).

Selain itu, WNI yang berada di Jepang juga diminta untuk turut serta menjaga nama baik bangsa dan negara serta saling mengingatkan dan menjaga komunikasi dengan simpul masyarakat dan perwakilan RI.

"Menjaga nama baik bangsa dan negara. Saling mengingatkan dan menjaga komunikasi dengan simpul masyarakat dan Perwakilan RI," tekannya.

Bukan hanya itu saja, KBRI Tokyo dan KJRI Osaka juga mengingatkan kembali kepada seluruh WNI bahwa aparat setempat memiliki otoritas untuk mengambil tindakan hukum kepada warga negara asing yang melanggar ketertiban.

Lebih lanjut, pihaknya juga menekankan kembali cita-cita leluhur terhambat akibat perilaku warga negara Indonesia itu sendiri.

"Jangan sampai cita-cita luhur untuk sukses di rantau terhambat karena perilaku kita sendiri. Mari kita jaga nama baik Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya media sosial dihebohkan dengan video yang memperlihatkan sekelompok pemuda diduga WNI di kawasan Namba, Osaka. Kumpulan pemuda berbaju hitam itu terlihat berkumpul dan duduk di sepanjang jalan Namba, Osaka.

Dalam video lainnya terlihat seorang pemuda berjaket hitam dengan masker dan kacamata mengacungkan celurit. Sementara dua pemuda lainnya terlihat berboncengan sepeda motor membawa bendera.

Aksi itu pun dikeluhkan oleh warga Jepang yang menilai tindakan mereka sangat mengganggu dan meresahkan. Hingga akhirnya kumpulan video mereka pun viral dan menjadi topik hangat di Indonesia.