Tolak Fasilitas Mewah, Paus Fransiskus Pilih Naik Mobil Sipil dan Menginap di Kedubas

ERA.id - Paus Fransiskus menolak fasilitas mewah selama kunjungannnya ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Ketua Panita Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignasius Jonan mengatakan, Sri Paus hanya menggunakan kendaaraan sipil yaitu Innova Zenix.

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zenix," kata Jonan di Gereja Katedaral, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

Meski begitu, keamanan Paus akan tetap terjamin. Misalnya, saat menyapa umat di Gelora Bung Karno (GBK), Paus akan menumpangi kedaraan produksi PT. Pindad yaitu Maung.

"Kendaraan Maung itu adalah kendaraan untuk inspeksi menyapa umat waktu misa di GBK," kata Jonan.

Selain itu, Paus Fransiskus juga tidak akan menginap di hotel mewah melainkan di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

"Bapak Paus akan menginap di Kedutaan Besar Vatikan, jadi tidak menginap di hotel," kata Jonan.

Dia tak bisa mengungkapkan lebih rinci prihal ruter perjalan Paus selama kunjungan ke Indonesia. Namun ada sejumlah agenda yang dilakukan pimpinan tertinggi umat Katolik itu di Tanah Air.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus akan melakukan perjalan apostolik ke sejumlah negara di Asia Pasifik, salah satunya di Indonesia.

Paus dijadwalkan tiba di Indonesia pada 3 September 2024. Selanjutnya akan ada serangkangan agenda kenegaraan dengan Presiden Joko Widodo hingga biarawan dan biarawati Katolik.

Pada 5 September 2024, Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar di GBK. Lalu melanjutkan perjalanannya ke negara lain pada 6 September.