5 Makanan Lezat untuk Miliki Kulit Sehat dan Glowing

ERA.id - Makanan yang dikonsumsi dapat memiliki dampak besar pada kualitas kulit dan membuat perubahan nutrisi kecil.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan peluang kita untuk memiliki kulit yang bersih dan sehat. 

Kulit sehat juga memberikan kesan kepercayaan diri yang tinggi dan membuat seseorang terlihat lebih menarik. Berikut 5 makanan terbaik yang membuat kulit terlihat bersih dan sehat, seperti dilansir dari laman Real Simple.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon dan sarden mengandung anti-inflamasi. Hal ini diungkapkan oleh ahli gizi, Holiday Durham. 

"Omega-3 berperan dalam menjaga penghalang lipid kulit, yang mungkin sangat penting untuk hidrasi dan perlindungan terhadap kerusakan lingkungan," jelasnya. 

Baik itu dilemparkan ke dalam salad atau dipanggang perlahan dengan sisi brokoli, ikan berlemak adalah makanan yang sangat baik untuk mendapatkan kulit yang bersih.

2. Tomat

Tomat tidak hanya lezat dan serbaguna, makan tomat juga dapat meningkatkan tekstur kulit. Hal ini disampaikan dokter kulit Dr. Macrene Alexiades. 

"Lycopene, yang ditemukan dalam tomat, terbukti meningkatkan tekstur dan kualitas kulit," jelasnya. 

Sementara tubuh kita rentan terhadap stres oksidatif, juga dikenal sebagai ketidakseimbangan antioksidan. Likopen dapat mengurangi efek samping dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

3. Kacang Kenari

Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3 dan seng, yang keduanya sangat penting untuk kesehatan kulit," kata Holiday Durham. 

"Omega-3 dapat membantu menjaga penghalang kelembapan kulit, sementara seng penting untuk penyembuhan kulit," lanjutnya.

Kacang kenari juga mudah dibawa dan mudah untuk dikunyah saat bepergian. Tambahkan segenggam kenari ke sarapan, makan siang, atau makan malam dan perhatikan bagaimana tekstur kulit tumbuh lebih halus seiring waktu.

4. Paprika

Ada banyak kolagen dalam tubuh, dan dikombinasikan dengan makanan tinggi vitamin C, kita dapat melakukan bagian kita dalam meningkatkan produksinya.

Ada lebih banyak vitamin C dalam satu cangkir paprika cincang daripada yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. Menurut Schneider, manfaatnya tidak berhenti di situ. 

"Karotenoid dalam paprika, seperti beta-karoten, juga membantu melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, menjaga kulit tetap sehat dan lebih bersemangat." 

Celupkan paprika ke dalam makanan daging, lalu tumis dalam saus pedas, atau makan sayuran alami yang lezat ini menuai manfaatnya.

5. Biji bunga matahari

Makanan bergizi tidak hanya membantu kita mencapai kulit yang bersih, biji bunga matahari juga dapat melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. 

"Biji bunga matahari dikemas dengan vitamin E, antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan mendukung penyembuhan dan regenerasi kulit." kata Durham.

Kamu dapat menikmati buah-buahan kecil ini untuk dipanggang atau dimasukkan ke dalam resep favorit.