Lokasi PON 2024 Tak Layak Pakai, Menpora Minta Maaf

ERA.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo meminta maaf atas kendala yang terjadi di lokasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024.

Hal ini merespons kabar lokasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024, khususnya di kawasan Sport Center Sumut, Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), yang banyak disorot karena tidak layak pakai.

"Saya harus mohon maaf, mungkin ini ada koordinasi yang sangat besar dan agak delay waktunya. Tapi kami jamin permainan bisa dilakukan semua, tapi memang ini mengebut mendukung sarana yang lainnya kita bereskan," kata Dito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Dia mengaku langsung turun tangan dan berkoordinasi dengan Menteri PUPR Basuko Hadimuljono. Dia mengklaim, saat ini infrastruktur pendukung, akses, dan juga stadion langsung dikebut untuk dilakukan pembenahan.

"Kita langsung turun tangan Kemarin langsung dua hari lalu setelah saya dari Aceh itu minta tolong Pak Menteri PUPR segera membantu," kata Dito.

Meski sedang dibenahi,Dito memastikan, pembehanan lokasi PON 2024 tidak akan sampai mengganggu jalannya pertandingan.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa setiap keluhan dan kekurangan yang terjadi dalam penyelenggaran PON 2024 akan langsung ditindak tegas.

Selain itu, para atlet maupun masyarakat yang melihat adanya kekurangan dapat segera melaporkan kepada Satgas Tata Kelola Penyelenggara PON.

"Harus kita sampaikan setiap keluhan atau memang ada yang kurang pasti kita tindak tegas dan akan kami telusuri dan juga akan kami proses," kata Dito.

"Kita tidak ingin PON ini nanti berakhir tidak ada masalah tapi kemudian harinya ada masalah. Jadi lebih baik memang sedikit gaduh mungkin di depan seperti ini, tapi kita ingin penyelenggaraan PON itu sampai akhir ini tidak ada masalah," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah atlet, pelatih, dan official dari kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 geram dengan venue cabor voli indoor yang dinilai belum layak untuk menjadi tempat pertandingan.

Hal ini membuat kontingen kecewa dan merekam kondisi GOR Voli Indoor yang berada di kawasan Sport Center Sumut, Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).

Sejumlah serpihan proses pengerjaan pembangunan GOR belum dibereskan. Bahkan, masih ada material pengerjaan lapangan pemanasan pemain oleh pekerja. Selain itu, sejumlah kabel masih menjulur di area GOR yang bisa bahayakan pengunjung.

Meski begitu, sejumlah tim mulai menjalani official Training hari kedua di GOR tersebut untuk persiapan laga Rabu (11/9/2024) besok. Keluhan dirasakan sejumlah kontingen, di antaranya DKI Jakarta.