Menpora: Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Diteken Jokowi, Target Rampung Oktober

ERA.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan, Presiden Joko Widodo sudah menandatangani surat untuk naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Surat tersebut akan dikirim ke DPR.

"Alhamdulillah untuk naturalisasi kemarin sudah ditandatangan oleh Bapak Presiden, dan Bapak Presiden harusnya surat itu sudah masuk dikirim mungkin hari ini ke DPR," kata Dito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Dia mengatakan akan memantau proses naturalisasi dua pemain timnas itu. Namun dia meyakini DPR akan memberikan dukungan.

"Setelah ini saya coba cek-cek ke pimpinan DPR apakah sudah diproses atau belum. Tapi ya pasti saya yakin semangatnya sama juga selama ini Kawan-kawan senior-senior DPR juga selalu proaktif membantu kami di olahraga," kata Dito.

Dia menargetkan proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders segera rapung. Sehingga keduanya bisa bermain di Timnas Indonesia pada Oktober mendatang

"Kita menargetkan itu bisa di Oktober, tapi targetnya ini kan pasti satu Oktober ada peralihan kepemimpinan di DPR Semoga ini nanti semangatnya masih sama dan saya yakin pasti masih sama," kata politisi Partai Golkar itu.

Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir pasca skuad Garuda menahan imbang Australia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9)

Naturalisasi Hilgers dan Reijnders saat ini sudah mencapai tahap akhir. Tanda tangan Menpora dan Mensesneg telah diperoleh. Sementara itu, tanda tangan Presiden Jokowi diberikan dalam waktu dekat.

Setelahnya, proses bakal berlanjut ke DPR, sehingga harapannya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa ikut memperkuat Timnas Indonesia dalam laga lanjutan putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober mendatang.