Zaken Kabinet Prabowo: Menteri dari Partai Bukan Berarti Tak Profesional

ERA.id - Kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjanjikan akan membentuk zanken kabinet, alias kabinet yang berisikan menteri-menteri dari kalangan profesional. Di sisi lain, koalisi pemerintah mendatang banyak didukung partai politik.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, menteri dari kalangan profesional bukan berarti non partai.

"Artinya ada orang profesional org ahli tapi dia bagian dari partai," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Menurutnya, kader partai politik yang nantinya ditunjuk sebagai menteri pun adalah orang profesional sesuai bidang dan kementerian yang dipimpinnya.

"Artinya ada dia memamg ahli dibidangnya tapi dia secara politik terafiliasi oleh satu partai politik yang berkoalisi," kata Muzani.

Meski begitu, dia tak menampik ada pula kalangan profesional non partai yang nantinya masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran. Namun dia enggan membocorkan komposisi jumlah menteri non partai dan profesional di kabinet mendatang.

Dia mengaku, hingga saat ini Prabowo dan Gibran bersama partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih menggodok penyusunan menteri.

"Saya kira ada, tapi berapa-berapanya saya enggak paham," kata Muzani.