Pemprov Riau Kasih Bonus Ratusan Juta bagi Juara MTQ Nasional 2024 di Kaltim

ERA.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memberikan bonus ratusan juta rupiah kepada para qari dan qariah yang masuk enam besar dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXX 2024 di Kalimantan Timur (Kaltim).

Asisten I Sekretariat Provinsi Riau Zulkifli Syukur yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Riau, Selasa (17/9/2024), mengatakan pihaknya memberikan bonus sebesar Rp200 juta bagi juara 1; Rp150 juta bagi juara 2; dan Rp100 juta bagi juara 3.

"Tentu kita menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada kafilah Riau yang telah berhasil mengukir prestasi di MTQ Nasional. Sebagai bentuk apresiasi itu, Pemprov Riau akan memberikan bonus kepada qari qariah yang meraih prestasi," katanya dikutip dari Antara.

Tak hanya itu, para qari dan qariah yang berhasil mendapat juara harapan juga akan diberikan bonus puluhan juta rupiah. Juara harapan 1 sebesar Rp50 juta; harapan 2 sebesar Rp30 juta; dan harapan 3 sebesar Rp20 juta.

Pada ajang tersebut, qari asal Riau Bayu Wibisono Damanik meraih juara I pada cabang Hifzil Quran hafalan 20 juz. Ada juga juara 2 Nesa Aqila pada cabang Kaligrafi Mushaf Putri dan Muhammad Hanif Azza pada cabang Hifzil Quran 1 Juz.

Pada peringkat 3 ada Gusnanda pada cabang Tilawah Tunanetra Putra dan Nuria Hafazah pada cabang Kaligrafi Eksibisi Digital.

Kafilah Riau meraih 99 poin dan berada di peringkat 6 di bawah tuan rumah Kaltim dengan 579 poin; Jakarta 478 poin; Jawa Timur 275 poin; Jawa Barat 146 poin; dan Sumatera Selatan 125 poin. Kemudian di bawah Riau ada Kalimantan Selatan dengan 94 poin; Sumatera Utara 84 poin; Banten 72 poin; dan Kepulauan Riau 67 poin.

"Semoga apresiasi ini menjadi pelecut atau motivasi bagi qari qariah lain untuk meningkatkan kemampuannya, agar pada MTQ Nasional selanjutnya bisa mengukir prestasi," katanya.