Jerman Bantah Tangguhkan Senjata ke Israel, Proses Ekspor Tetap Berlanjut

ERA.id - Jerman membantah telah menangguhkan ekspor senjata perang baru ke Israel. Jerman masih akan setia dalam memberikan Israel bantuan senjata.

Bantahan ini muncul setelah seorang sumber yang dekat dengan Kementerian Ekonomi menyebut pemerintah Jerman telah menangguhkan ekspor senjata ke Israel. Namun juru bicara pemerintah, Steffen Hebestreit, membantah laporan itu.

"Tidak ada boikot ekspor senjata Jerman terhadap Israel," kata Hebestreit, dikutip Reuters, Kamis (19/9/2024).

Meski dibantah oleh juru bicara pemerintah, Kementerian Ekonomi Jerman belum memberikan tanggapan atas laporan tersebut.

Seorang sumber yang dekat dengan kementerian mengutip seorang pejabat senior pemerintah sebelumnya mengatakan bahwa Jerman telah menghentikan persetujuan lisensi ekspor senjata ke Israel karena tekanan hukum dan politik dari kasus hukum yang menyatakan bahwa ekspor semacam itu dari Jerman melanggar hukum humaniter.

Tahun lalu, Jerman diketahui telah menyetujui ekspor senjata ke Israel senilai 326,5 juta euro (Rp5 ttiliun), termasuk peralatan militer dan senjata perang. Nilai ekspor itu meningkat 10 kali lipat dari tahun 2022, menurut data dari Kementerian Ekonomi, yang menyetujui lisensi ekspor.

Dari jumlah tersebut, kategori senjata perang hanya menyumbang 32.449 euro (Rp552 juta).

Dalam pembelaannya terhadap dua kasus, satu di hadapan Mahkamah Internasional dan satu di Berlin yang diajukan oleh Pusat Hak Asasi Manusia dan Konstitusi Eropa, pemerintah mengatakan tidak ada senjata perang yang diekspor berdasarkan lisensi yang dikeluarkan sejak serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, selain suku cadang untuk kontrak jangka panjang.

Diketahui, tidak ada kasus yang menantang ekspor senjata Jerman ke Israel yang berhasil, termasuk kasus yang diajukan oleh Nikaragua di ICJ.

Meski demikian, masalah ini telah menciptakan ketegangan dalam pemerintahan karena Kanselir tetap mendukung Israel sementara Kementerian Ekonomi dan Luar Negeri yang dipimpin Partai Hijau, yang peka terhadap kritik dari anggota partai, semakin mengkritik pemerintahan Netanyahu.

Tantangan hukum di seluruh Eropa juga menyebabkan sekutu Israel lainnya menghentikan sementara atau menangguhkan ekspor senjata.

Inggris misalnya, bulan ini memutuskan untuk menangguhkan 30 dari 350 lisensi untuk ekspor senjata ke Israel karena kekhawatiran bahwa Israel dapat melanggar hukum humaniter internasional.

Kemudian pada bulan Februari, pengadilan Belanda memerintahkan Belanda untuk menghentikan semua ekspor suku cadang jet tempur F-35 ke Israel karena kekhawatiran tentang penggunaannya dalam serangan terhadap sasaran sipil di Gaza.

Begitu pula dengan sekutu terdekat Israel, Amerika Serikat, yang memutuskan untuk menghentikan sementara ekspor senjata, tetapi kemudian melanjutkan pengiriman beberapa bom ke Israel setelah AS khawatir tentang penggunaannya di Gaza yang berpenduduk padat.

Persetujuan dan pengiriman jenis senjata lain, dalam sistem yang lebih tepat, terus berlanjut karena pejabat AS menyatakan bahwa Israel membutuhkan kapasitas untuk mempertahankan diri.