DPR Setujui APBN 2025, Program Makan Bergizi Gratis Capai Rp71 Triliun

ERA.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025. Salah satunya mengakomodasi anggaran untuk program milik presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Kesepakatan itu disetujui dalam Rapat Paripurna DPR ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

"Banggar bersama pemerintah menyepakati penambahan anggaran khsusnya pada KL dalam rangka menopang sejumlah program quick win presiden terpilih," kata Ketua Banggar DPR Said Abdullah.

Salah satu program milik Prabowo yang masuk dalam APBN 2025 yaitu makan bergizi gratis. Program unggulan itu mendapat anggaran sebesar Rp71 triliun.

"Program makan siang bergizi gratis dengan alokasi anggaran sebesar Rp71 triliun," ungkap Said.

Selain itu, Banggar sepakat memberikan keleluasaan realokasi anggaran bagi kebutuhan kementerian dan lembaga yang baru kepada presiden dan wakil presiden 2024-2029 untuk mendukung komposisi kabinet baru.

"Dalam rangka mendukung komposisi kabinet yang baru banggar dan pemerintah sepakat memberikan keleluasan realokasi anggaran bagi kebutuhan anggaran KL yang baru, sebab hal itu kewenangan konstitusional presiden dan wapres terpilih untuk menyusun jumlah KL dalam pemerintahannya," kata Said.

Selanjutnya, Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus menayakan persetujuan kepada anggota DPR yang hadir.

"Untuk dilanjutkan dalam pembicaraan tingkat II untuk pengambilan keputusan untuk disahkan jadi UU, sedangkan PKS menerima dengan catatan atas RUU APBN 2025 untuk dilanjutkan dalam pembcan tingkat dua hari ini untuk disahkan jadi UU," kata Lodewijk.

"Setuju," jawab anggota dewan.