Tips Masak Lidah Sapi biar Empuk dan Lezat ala Sisca Soewitomo

ERA.id - Lidah sapi merupakan salah satu bahan makanan yang harus diolah dengan teliti agar empuk dan tidak bau. Pakar kuliner senior, Sisca Soewitomo mengatakan, ada cara khusus untuk mengolah lidah sapi dengan baik.

Menurut Sisca Soewitomo, ketika mengolah lidah sapi untuk berbagai jenis makanan sebaiknya lidah tersebut direbus dahulu agar memiliki tekstur yang empuk. Namun, dalam merebusnya tidak cukup hanya menggunakan air yang sudah mendidih saja. 

“Lidah kan tipikal daging yang keras ya. Cara rebusnya ya bukan pakai air yang dipanaskan saja,” ungkap Sisca Soewitomo saat ditemui di acara The People’s Cafe, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/9/2024). 

Dalam air rebusan lidah sapi harus dimasukkan berbagai jenis rempah. Ini akan membuat lidah tersebut menjadi empuk dan bau tidak enak menghilang.

“Masukkan pala, jahe, daun jeruk. Kalau (air) sudah mendidih baru masukkan lidahnya,” tuturnya.

Kalau masukkan (ke air mendidih), pori-pori lidah akan tertutup dan air di dalam lidah tidak keluar. Ini yang menyebabkan lidah akan tetap empuk,” tambahnya. 

Setelah merebus lidah sapi dengan benar, Sisca Soewitomo mengatakan maka selanjutnya lidah tersebut sudah bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat. Mulai dari ditumis hingga menjadi pelengkap untuk disajikan bersama nasi goreng.