Ditemani VinDes, Aksi SBY Melukis SBY di Pestapora 2024

ERA.id - Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menghebohkan panggung di gelaran festival musik Pestapora 2024 dengan melukis ditemani oleh Vincent Rompies dan Desta Mahendra (VinDes).

“Karena waktunya satu jam, aku ingin melukis pemandangan alam di Indonesia. Itu ada satu foto sebagai referensi, itu Gunung Lawu Jawa Tengah dari Jawa Timur. So sunset over Mount Lawu,” kata SBY sebelum memulai melukis pada Klab Klub Stage, Pestapora 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu.

Mengingat waktu yang tidak lama, SBY melukis menggunakan kuas berukuran besar, meski tidak detail, tapi hasilnya dapat menggambarkan sunset di atas Gunung Lawu.

SBY sempat berbagi juga soal alasannya melukis pemandangan alam.

"Ini agak filosofi, di dunia ini banyak sekali masalah, tapi ingat Tuhan menghadirkan kita keindahan, keindahan alam di tengah-tengah kegaduhan dunia makanya memilih untuk keindahan alam. Ada ketenangan di sana," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, SBY juga melukis ditemani dengan 20 orang terpilih.

SBY juga sempat bercerita bahwa usai selesai menjalani tugas sebagai Presiden RI, ia belajar melukis selama 3 tahun 4 bulan hanya dengan melihat video dari paltform streaming.

SBY biasanya melukis menggunakan media kanvas, cat akrilik, maupun cat minyak, tapi kali ini ia menggunakan cat akrilik yang lebih mudah diaplikasikan dan cepat kering.

Sebelumnya, SBY juga menunjukkan kemampuannya dalam bidang musik dengan tampil bernyanyi dengan menggandeng musisi tanah air pada hari pertama gelaran festival musik Pestapora 2024.

SBY tampil bernyanyi dengan membawakan lagu ciptaannya sendiri dan lagu yang digemari oleh para masyarakat Indonesia diiringi dengan musik orkestra.