Undian Nomor Urut Pilgub Jatim, Pendukung Risma dan Luluk teriak 'Fufufafa', Pendukung Khofifah-Emil Balas Selawatan

ERA.id - Puluhan pendukung pasangan calon (paslon) Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta atau Risma-Gus Hans dan Luluk-Lukman berteriak menyebut "Fufufafa" saat pengambilan undian nomor surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) 2024.

Teriakan nama akun kaskus fufufafa yang diduga milik Gibran Rakabuming Raka bersorak dari pendukung paslon nomor urut 3 Risma-Gus Hans dan nomor urut 2 Luluk-Lukman di arena rapat pleno di ballroom Hotel Mercure Darmo Surabaya, Senin (23/9/2024).

“Resik-resik (bersih-bersih), fufufafa, resik-resik, fufufafa,” teriak pendukung Risma-Gus Hans berulang-ulang.

Kemudian, teriakan yang sama juga disorakkan oleh pendukung Luluk-Lukman. “Fufufafa, fufufafa, fufufafa,” sahut pendukung nomor urut 1.

Teriakan itu pun dibalas juga oleh pendukung paslon urut 2 Khofifah-Emil dengan menyanyikan salawat Badar diiringi alat musik yang mereka bawa.

“Sholatullah salamullah 'alaa thaaha Rasulillah,” balas para pendukung Khofifah-Emil. 

Dalam pantauan ERA, suasana pengambilan pengundian nomor urut Pilkada Jatim pun sempat memanas. Pendukung Khofifah-Emil dan Risma-Gus Hans saling melempar yel bernada ejekan.

“Resik-resik pendukunge, resik,” teriak salah satu pendukung Khofifah-Emil.

Kemudian pendukung Risma-Gus Hans membalas, "KPK teruskan, KPK teruskan, KPK teruskan!”

Diketahui, KPU Jawa Timur pun menetapkan resmi nomor undian yakni Luluk-Lukman nomor urut 1; Khofifah-Emil nomor 2; dan Risma-Gus Hans nomor urut 3.

“Dengan demikian nomor urut paslon adalah sebagai berikut, nomor 1 paslon Ibu Luluk dan Bapak Lukman, untuk selanjutnya paslon nomor urut 2 Ibu Khofifah dan Bapak Emil, nomor urut 3 pason Ibu Risma dan Gus Hans,” ujar Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi saat memberikan sambutan.

Tiga nomor urut ini disebut sama dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Khofifah-Emil yang pernah menjadi tim sukses Prabowo-Gibran mendapatkan nomor urut 2; Risma-Gus Hans yang diusung PDIP mendapat nomor urut 3 seperti Ganjar-Mahfud; kemudian, Luluk-Lukman yang diusung PKB mendapat nomor urut 1 sama seperti Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Ketum PKB).