Nomor Urut Pilgub Jakarta: RK-Suswono 1, Dharma-Kun 2, dan Pramono-Rano 3

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan nomor urut terhadap tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Penetapan nomor urut dilakukan berdasarkan undian yang diambil tiga pasangan calon di Kantor KPU DKI, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024) malam.

Hasilnya, pasangan cagub-cawagub Ridwan Kamil-Suswono (Rido) mendapat nomor urut 1, pasangan cagub-cawagub Dharma Porengkun-Kun Wardhana mendapat nomor urut 2, dan pasangan cagub-cawagub Pramono Anung-Rano Karno mendapat nomor urut 3.

Usai memperlihatkan nomor urut, masing-masing pendukung paslon langsung bersorak sorai.

Pendukung Pramono-Rano misalnya, langsung mengangkat jari metal. Angka 3 lekat dengan PDI Perjuangan yang merupakan partai pengusung paslon tersebut.

Sementara pendukung RK-Suswono langsung mengangkat poster bertuliskan 'R1DO' atau dibaca RIDO yang merupakan singkatan dari pasangan tersebut.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

"Menetapkan pasangan calon peserta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 yang memenuhi syarat sebagaimana tercantum di dalam lampiran keputusan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keputusan ini," kata Ketua KPU DKI Wahyu Dinata usai penetapan pleno di Kantor KPU DKI Jakarta, Minggu (22/9).

Wahyu mengatakan ketiga paslon yakni Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel), Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen dinyatakan telah resmi menjadi cagub-cawagub DKI.